Jumat, 23 Maret 2018

Green Terror, Si Ikan Hias Agresif Dari Amerika Selatan

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/green-terror-si-ikan-hias-agresif-dari-amerika-selatan

Negara-negara di bagian Amerika Selatan terkanal dengan kekayaan jenis ikan hiasnya yang sudah umum dikenal orang-orang di seluruh negara. Banyak jenis ikan hias yang dipelihara para penghobies di tanah air sebagiannya berasal dari Amerika Selatan. Alasan orang-orang menyukai jenis ikan hias dari Amerika Selatan tergolong beragam mulai dari bentuk tubuhnya yang unik, corak warna yang indah, dan jenis yang lumayan banyak. Untuk itu pada tulisan ini coba mengenalkan salah satu dari jenis ikan hias dari Amerika Selatan yang belum umum dikenal orang-orang. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Green Terror.

Ikan Green Terror merupakan salah satu jenis ikan Cichlid yang habitat aslinya berasal dari negara-negara di Amerika Selatan. Keberadaannya di alam liar terdapat di perairan tawar yang ada di bagian barat Ekuador dan Peru. Perawakan fisik dan corak warnanya tampak sedikit mirip dengan jenis ikan Louhan. Kemiripan tersebut terlihat dari bentuk dan ukuran badannya yang hampir serupa. Hanya saja, corak warna ikan Green Terror tampak lebih gelap dan bervariasi dibandingkan jenis ikan Louhan yang cenderung terang dengan bintik-bintik hitam di bagian tengah badan yang mirip aksen Mandarin.

File:Green terror (Andinoacara rivulatus) - 20090328.jpg
Gambar: Ikan Green Terror

Ukuran tubuh ikan Green Terror tidak terlalu berbeda dibanding jenis ikan Cichlid lainnya dengan panjang sekitar 31 cm. Pada bagian dahi atau kening nya tampak sedikit menonjol sedikit mirip ikan Louhan. Matanya tampak bulat dengan ukuran lumayan besar dan berwarna hitam pekat. Di bagian atas punggungnya terdapat sirip yang terbentang hingga mencapai hampir menyentuh pangkal ekornya. Sirip tersebut tampak tegak dengan bentuk agak bergerigi di bagian atasnya. Di bagian bawah perut terdapat sepasang sirip yang berukuran sedang dan tidak terlalu tebal. Lalu area belakang perutnya juga terdapat sirip yang agak lebar dan berukuran agak panjang. Dan ekornya sendiri berukuran sedang dengan bentuk mirip kipas.

Di samping itu, corak warna yang menutupi tubuh ikan Green Terror cukup bervariasi mulai dari cokelat tua, biru muda, hitam, dan oranye. Warna cokelat tua terlihat hanya di bagian seluruh kepala, insang, dan siripnya. Warna biru muda tampak kemilau menutupi area dekat wajah, tenggorokan, badan, dan siripnya. Warna hitam terlihat memenuhi bagian badannya berupa bintik-bintik dengan bentuk agak bulat yang tersusun secara horizontal. Warna hitam tersebut juga ada di bagian tengah badan dengan ukuran agak besar. Selain itu, warna hitam ini pun tampak di bagian atas siripnya. Lalu warna oranye hanya terlihat di bagian atas sirip punggung dan ujung ekornya.

Berbicara tentang karakter ikan Green Terror dikatakan memiliki sifat yang cukup agresif atau garang terhadap jenis ikan lain di dalam satu akuarium. Sifat agresif ini sudah mulai tampak saat usianya masih muda dan akan bertambah garang sewaktu usia sudah menginjak dewasa. Pada masa dewasa ini biasanya ikan Green Terror tidak dapat lagi hidup bersama ikan lain dalam satu akuarium tapi mesti memisahkannya di tempat tersendiri. Selain itu, ukuran akuarium yang menjadi rumahnya sebaiknya cukup lebar dan tinggi. Hal ini dikarenakan ikan Green Terror termasuk ikan yang aktif berenang ke berbagai arah.

Dalam pemeliharaannya perlu menjaga kebersihan air dengan kadar pH dan suhu yang standar. Jenis makanan yang biasa diberikan kepada ikan Green Terror berupa pakan hidup ataupun olahan seperti cacing beku, potongan udang basah, ikan kecil, maupun pellet. Agar warna ikan asal Amerika Selatan ini dapat terlihat semakin indah maka pencahayaannya sebaiknya yang agak gelap. Selain itu, dalam banyak referensi dikatakan bahwa ikan Green Terror termasuk jenis ikan hias yang agak sulit dalam perawatannya sehingga direkomendasikan bagi yang sudah berpengalaman dalam memelihara jenis ikan Cichlid. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.jitunews.com/read/9867/green-terror-si-ikan-indah-berkemilau-hijau
2. http://www.greenfishindonesia.com/2014/01/green-terror.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Green_terror_(Andinoacara_rivulatus)_-_20090328.jpg


Related Posts :