Minggu, 04 Maret 2018

Mengenal Keindahan Ikan Black Tetra

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keindahan-ikan-black-tetra

Bila ditanyakan tentang ikan Black Tetra mungkin sebagian besar dari para penghobies ikan hias sudah mengenal ataupun sedang memeliharanya. Hal tersebut terasa wajar sebab ikan hias asal Benua Amerika ini termasuk jenis ikan Tetra yang cukup banyak digemari orang-orang tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Alasan orang-orang menyukainya dikarenakan bentuknya yang tidak sama dengan jenis ikan Tetra lainnya dan sifatnya yang cenderung agresif. Selain itu, corak warna tubuhnya pun lumayan indah dan sangat cocok ditaruh dalam akuarium. Untuk itu pada tulisan ini coba menguliknya lebih dalam lagi agar semakin dikenal orang-orang.

Ikan Black Tetra merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Benua Amerika tepatnya di negara Paraguay dan Brazil. Di tempat asalnya kondisi air yang nyaman untuk ditinggali spesies ikan Black Tetra memiliki kadar pH 6 sampai 8 dengan suhu berkisar di antara 20 sampai 26 derajat Celcius. Selain itu, keadaan perairan yang tempat aslinya tinggal biasanya yang berarus cukup tenang. Dan juga di habitat aslinya seringnya ikan Black Tetra hidup berkelompok yang jumlahnya lebih dari sepuluh ekor.

File:BlackTetraCloseUp.JPG
Gambar: Ikan Black Tetra

Ciri fisik ikan hias yang bernama latin Gymnocorymbus Ternetzi ini memiliki ukuran yang tidak kalah beda dari jenis ikan Tetra lainnya yakni sekitar 7,5 cm saja. Tapi tubuhnya berbentuk pipih mirip ikan Silver Dollar. Sirip yang terdapat di area tubuhnya tidak terlalu banyak tapi lumayan lebar dan agak panjang. Pada bagian atas tubuhnya terdapat satu sirip yang tidak terlalu lebar dengan ukuran yang cukup tinggi atau panjang. Di bagian dekat perutnya terdapat sepasang sirip yang berukuran sedang dan berguna untuk berenang. Di belakang sepasang sirip tersebut terdapat satu sirip yang terbentang hingga mencapai batas pangkal ekornya dengan bagian pangkal sirip yang tumbuh agak memanjang dan membentuk pola sabit. Selain itu, ekornya berukuran agak panjang dan lebar dengan bentuk mirip senjata bumerang.

Adapun corak warna yang menutupi tubuhnya tidak hanya didominasi warna hitam saja tapi juga terdapat warna lainnya seperti putih perak dan hijau zaitun. Warna hitam yang menjadi warna dasarnya tampak menutupi area separuh belakang badan, sirip atas dan bawahnya. Selain itu warna hitam ini juga terdapat di bagian badannya berupa garis tebal vertikal sebanyak dua sampai tiga garis. Lalu warna putih perak terdapat di bagian tengah dan bawah badannya tepatnya di area dekat perutnya. Warna putih ini juga terlihat di bagian sirip dan ekornya yang bercampur dengan warna hitam. Dan warna hijau zaitun tampak menutupi area atas tubuhnya.

Sedangkan karakter ikan Black Tetra terkenal cukup aktif berenang di segala bagian arah akuarium. Selain aktif berenang perlu diketahui juga bahwa ikan asal Amerika latin ini terkenal agresif dengan jenis ikan lain yang ukurannya jauh lebih kecil darinya. Sifat agresif yang dimilikinya ditunjukkan dengan mengejar ikan lain tanpa ingin memakannya tapi berniat untuk mengusirnya pergi. Untuk itu dalam memelihara ikan Black Tetra sebaiknya hanya menaruh ikan sejenis ataupun ikan lain yang ukuran badannya serupa. Selain itu, ikan yang hidup di perairan tenang ini termasuk ikan pemakan segalanya atau omnivora sehingga tidak terlalu repot menyediakan makanannya.

Yup, demikianlah ulasan seputar ikan Black Tetra yang bentuk fisiknya tampak berbeda dengan jenis Tetra lainnya tapi tetap terlihat indah di akuarium. Selain itu, jenis ikan Black Tetra sudah cukup banyak yang membudidayakannya sehingga keberadaannya di pasar ikan hias tidak akan sulit untuk menemukannya. Dan juga, bila Anda tertarik dengan ikan asal Benua Amerika ini maka dapat menghias akuarium tempatnya hidup dengan tambahan ornamen berupa lampu yang agak gelap dan hiasan batu-batu kecil serta tanaman air. Dengan tujuan agar keindahan ikan Black Tetra dapat tereksplorasi secara sempurna. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.infoikan.com/2017/01/budidaya-ikan-hias-black-tetra-untuk.html
2. http://aquariumhias.blogspot.co.id/2013/05/budidaya-ikan-black-tetra.html
3. http://ikanhiasairtawars.blogspot.co.id/2015/02/mengenal-ikan-hias-air-tawar-black.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:BlackTetraCloseUp.JPG


Related Posts :