Senin, 26 Maret 2018

Mengenal Keindahan Ikan Copadichromis Azureus

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keindahan-ikan-copadichromis-azureus

Bila ditanyakan tentang ikan Copadichromis Azureus mungkin hanya sedikit dari kita yang mengenalnya. Apalagi juga ditanyakan terkait ciri-ciri fisik dan kehidupannya di alam liar pastinya tak akan banyak yang mengetahuinya. Hal ini terasa wajar sebab ikan Copadichromis Azureus sangat jarang dibicarakan sebagai jenis ikan hias yang sering dipelihara orang-orang di berbagai negara. Akan tetapi jenis ikan Copadichromis Azureus termasuk jenis ikan hias yang memiliki corak warna indah dan sangat cocok dipelihara dalam akuarium di rumah. Untuk itu pada tulisan ini coba menguliknya lebih jauh lagi agar semakin banyak yang mengenalnya.

Ikan Copadichromis Azureus merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Afrika dengan mendiami perairan danau Malawi yang terkenal cukup besar dan indah. Jenis ikan Copadichromis Azureus termasuk ikan Cichlid yang terkenal memiliki corak warna cerah dan berkarakter lumayan agresif. Ukuran ikan asal Afrika ini tidak sebesar jenis ikan Cichlid lainnya yang hanya sekitar 30-an cm saja. Corak warna nya hanya terdiri dari dua warna yakni hitam dan biru tua. Warna hitam terlihat menutupi di beberapa bagian tubuhnya seperti area tengah badan, ujung sirip, dan ekornya. Corak hitam tersebut yang tampak di bagian badannya berbentuk garis-garis vertikal yang agak tebal dan panjang. Lalu warna biru tua terlihat di hampir sekujur tubuhnya mulai dari mulut, kepala, punggung, badang, perut, pangkal sirip, dan pangkal ekornya.

File:Copadichromis azureus.jpg
Gambar: Ikan Copadichromis Azureus

Ciri lainnya dari ikan Copadichromis Azureus ini mempunyai benjolan di bagian kepalanya yang mirip ikan Louhan tapi tidak terlalu besar. Mulutnya juga berukuran lumayan lebar dengan bibir yang cukup tebal. Matanya berbentuk bulat dengan ukuran agak besar dan berwarna biru kehitaman. Di belakang insang terdapat sirip utama yang agak lebar dan berukuran panjang yang dipakai untuk berenang. Lalu di bagian bawah insangnya juga terdapat sepasang sirip yang berukuran sedang dan tidak terlalu lebar. Di bagian belakang perutnya tampak ada sirip yang terbentang hingga mencapai pangkal ekor dan bagian ujungnya berukuran agak panjang. Di bagian atas tubuhnya terlihat sirip yang terbentang sampai mencapai pangkal ekornya dan tampak agak keras di bagian pangkal serta berukuran agak panjang di area ujungnya. Ekornya berukuran sedang dengan bentuk mirip kipas yang sedang dikibaskan.

Berbicara tentang perawatannya sebenarnya tidak kalah berbeda dibanding jenis ikan Cichlid lainnya. Yakni menyediakan air dalam akuarium dengan kada pH standar dan kondisinya tampak jernih. Akuarium yang dijadikan tempat tinggalnya memiliki ukuran lumayan besar dan dihiasi dengan pasir atau kerikil kecil serta hiasan lainnya yang berguna untuk membuat ikan nyaman. Selain itu, sebaiknya akuarium yang ditinggalinya tidak diisi oleh beragam jenis ikan yang berukuran jauh lebih kecil ataupun besar. Hal ini dimaksudkan agar ikan Copadichromis Azureus tidak bertindak agresif dengan memakan atau berkelahi bersama ikan lainnya. Jenis pakan yang diberikan pun cukup beragam baik itu ikan kecil, cacing beku, cacing tanah, ataupun pellet.

Nah, begitulah ulasan seputar ikan Copadichromis Azureus yang namanya cukup sulit dilafalkan dan diingat. Tapi corak warnanya tergolong lumayan indah dibandingkan jenis ikan Cichlid lainnya yang sudah umum Anda kenal. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ikan dari Danau Malawi ini mungkin dapat memeliharanya guna menambah nuansa mewah pada tampilan interior rumah Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://akuariumhias.blogspot.co.id/2015/01/ikan-copadichromis-azureus.html
2. http://agribisnis.pondoksalam.com/2015/01/ikan-copadichromis-azureus

Sumber Gambar
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Copadichromis_azureus.jpg


Related Posts :