Sabtu, 17 Maret 2018

Mengenal Keindahan Ikan Double Full Red Cockatoo

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keindahan-ikan-double-full-red-cockatoo

Jenis ikan hias yang banyak dijual di pasar ikan hias terdiri dari beragam jenis dengan bentuk, corak warna, dan nama yang berbeda-beda. Kebanyakan jenis ikan hias yang dijual para pedagang memiliki nama yang cukup mudah diingat seperti ikan Arwana, Louhan, Cupang, Tetra, Koi, dan Barbir. Tapi ada juga jenis ikan hias yang ada di pasaran mempunyai nama yang cukup sekali diingat maupun dilafalkan. Walaupun demikian jenis ikan hias yang namanya cukup sulit diingat tersebut tampak indah dengan corak warna beragam dan bentuk tubuh yang unik. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Double Full Red Cockatoo.

Ikan Double Full Red Cockatoo merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan tepat di area perairan Amazon. Tapi juga, ikan ini pun berada di area laguna, danau, dan kolam yang ada di Amerika Selatan. Ciri fisik ikan Double Full Red Cockatoo dikenal memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang hanya sekitar 9 cm saja. Bentuk tubuhnya tampak mirip dengan ikan Cupang dengan badan yang memanjang dan sirip yang dipenuhi warna bervariasi. Ke seluruh sirip yang terdapat di bagian atas dan bawah tubuhnya tampak berwarna indah dengan adanya perpaduan warna antara merah tua, hitam, biru muda, hijau, dan kuning. Begitu juga di bagian ekornya yang berwarna merah tua bercampur dengan hitam pekat.

File:Cacatuoides.JPG
Gambar: Ikan Double Full Red Cockatoo

Corak warna tubuhnya sendiri juga terdiri dari beberapa jenis warna seperti hijau zaitun, putih perak, dan kuning cerah. Pola warna yang terlihat di bagian badannya tersebut membentuk garis memanjang secara horizontal. Selain itu, keseluruhan sisik-sisiknya pun tampak jelas saat terpapar sinar cahaya lampu akuarium. Bentuk sirip di bagian atas tubuhnya terletak mulai pangkal punggung sampai mendekati pangkal ekornya. Siripnya berukuran lumayan panjang dengan bentuk berdiri seperti duri. Pada bagian bawah tubuhnya tepatnya di dekat perut terdapat sepasang sirip yang berukuran lumayan panjang dan agak lebar. Lalu di bagian belakang perutnya juga terdapat sirip yang agak lebar dan berukuran sedang hingga bagian ujungnya hampir menyentuh ekor.

Apistogramma Cacatuoides yang menjadi nama latin ikan yang mirip jenis ikan Cupang ini hidup di perairan tawar berarus tenang dengan pH sekitar 5 sampai 7 dan suhu sekitar 26 sampai 30 derajat Celcius. Sewaktu berkembangbiak biasanya akan mencari ruangan di dalam sungai atau danau yang mirip gua untuk meletakkan telur-telurnya. Karakter atau sifat ikan Double Full Red Cockatoo dikenal cukup tenang dan mampu hidup bersama dengan ikan lain dengan ukuran dan sifat yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, saat ikan mungil ini diganggu maka sifat tenangnya dapat berubah menjadi agresif untuk menjaga keselamatan dirinya.

Dalam memelihara ikan Double Full Red Cockatoo perlu memperhatikan terkait kualitas airnya yang sebaiknya tetap menjaga kejernihannya. Hal ini dikarenakan ikan asal Amerika Selatan ini tidak begitu menyukai hidup dengan kondisi air keruh atau berlumpur. Tentu beda halnya dengan jenis ikan Cupang yang mampu mentolelir air dengan kondisi keruh ataupun mengandung lumpur. Jenis makanan yang dapat diberikan kepada ikan ini tergolong beragam mulai dari pellet, cacing beku, ataupun potongan daging udang basah.

Nah, begitulah uraian seputar ikan Double Full Red Cockatoo yang mempunyai corak warna indah dan bentuk tubuh yang unik. Untuk itu bagi Anda yang sedang ada keinginan memelihara ikan hias mungkin dengan membaca artikel ini dapat menjadi salah satu solusinya. Yakni dengan memelihara ikan Double Full Red Cockatoo ini. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://akuariumhias.blogspot.co.id/2015/03/ikan-double-full-red-cockatoo.html
2. http://www.greenfishindonesia.com/2014/01/apistogramma-cacatuoides.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Cacatuoides.JPG


Related Posts :