Jumat, 02 Maret 2018

Mengenal Keindahan Kucing Turkish Van

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/mengenal-keindahan-kucing-turkish-van

Bila ditanyakan tentang ras kucing hias yang berasal dari negara Turki mungkin sebagian besar dari kita akan berkata kucing Anggora Turki. Hal tersebut dirasa wajar sebab ras kucing yang berbadan tegap dengan bulu tebal nan panjang di seluruh tubuhnya ini sudah sangat familiar di telinga para penghobies yang ditandai dari banyaknya yang memeliharanya. Hanya saja, ras kucing hias yang ada di negara Turki tidak hanya kucing Anggora Turki saja melainkan ada jenis lain dengan fisik yang tak kalah indahnya. Adapun nama kucing tersebut adalah kucing Turkish Van.

Ras kucing Turkish Van merupakan ras kucing yang tercipta secara alami tanpa dibantu oleh para peternak kucing yang ada di Turki ataupun negara di Eropa. Keberadaan ras kucing berbulu lebat ini di Turki diketahui sudah sangat lama sekali atau sekitar seribu tahunan yang lalu. Daerah asal yang menjadi kampung halamannya tercatat berada di Anatolia dengan bukti adanya peninggalan berupa catatan yang menunjukkan gambar kucing dengan ciri “cincin putih” di bagian ekornya. Selain itu, bukti lainnya yang menjadi gambaran keberadaan kucing Turkish Van di masa lalu berupa peninggalan senjata dan bendera yang bergambar kucing besar dengan cincin putih di bagian ekornya yang terjadi saat penaklukkan Armenia oleh bangsa Romawi.

File:Hobie the turkish van.JPG
Gambar: Ras Kucing Turkish Van

Adapun sejarah dalam pengembangbiakkan ras kucing Turkish Van terjadi di negara Inggris sekitar tahun 1955. Awal kedatangan ras kucing Turkish Van ini ke Inggris bermula dari dua wanita yang berkebangsaan Inggris yang membawa ras kucing ini ke negaranya. Lalu beberapa waktu kemudian kucing yang dibawa itu pun berkembangbiak dengan baik. Selanjutnya, ras kucing Turkish Van dibawa terbang ke Amerika untuk memperoleh pengakuan secara resmi yang terjadi sekitar tahun 1982. Tapi pengakuan yang diperoleh oleh ras kucing hias ini yang diberikan organisasi Cat Fanciers’ Association (CFA) sebagai Champinship Class terjadi sepuluh tahun kemudian atau sekitar tahun 1994.

Nah, ciri fisik kucing Turkish Van memiliki bentuk yang berukuran lumayan panjang hingga mencapai sekitar hampir 100 cm. Postur tubuhnya pun tergolong besar mulai dari kepala sampai ekornya. Bulu-bulunya berukuran agak panjang, padat, dan lembut dengan bagian terpanjang terdapat di area lehernya yang membentuk seperti mantel ataupun kalung. Kepalanya yang besar berbentuk segitiga dengan hidung yang agak besar dan pipi yang menonjol ke samping. Telinganya berukuran agak lebar dengan adanya bulu-bulu halus di sekitar bagian depannya. Bola matanya berbentuk oval dengan warna pupil hitam dan irisnya kuning kecokelatan. Keempat kakinya berukuran lumayan panjang dan tampak kekar atau berotot.

Sedangkan corak warna yang menutupi seluruh area tubuhnya hanya terdiri dari dua warna saja yakni putih dan kuning kecokelatan. Warna putih tampak hampir mendominasi yang terdapat di bagian wajah, leher, dada, perut, keempat kaki, punggung, dan pangkal ekornya. Lalu warna kuning kecokelatan terlihat menutupi sebagian kecil dari tubuhnya yakni di bagian atas kepala, tengkuk, dan hampir seluruh ekornya. Tapi dalam perkembangannya corak warna kucing Turkish Van sekitar tiga warna yakni putih, kuning kecokelatan, dan hitam. Selain itu, ekornya yang berukuran lumayan panjang ditumbuhi oleh bulu yang lebat sehingga tampilannya tampak lebar dan anggun. Dan berat badan kucing jantannya dapat mencapai tujuh kilogram atau sekitar 16 pon.

Karakter atau sifat yang dimiliki kucing asal Turki ini dikenal sebagai kucing yang tidak takut air dan bahkan ia sangat pandai berenang di perairan yang dalam. Kecakapan ras kucing Turkish Van ini dalam berenang merupakan bakat alami yang tidak dimiliki oleh ras kucing hias lainnya. Selain itu, kucing ini pun memiliki sifat yang ramah kepada pemilik dan hewan peliharaan lainnya dan juga aktif saat diajak bermain atau beraktivitas di rumah.

Yup, demikianlah ulasan terkait kucing Turkish Van yang merupakan ras kucing alami asal Turki yang memiliki tampilan fisik indah dan mempesona. Untuk itu dengan membaca artikel ini sampai tuntas kiranya dapat menambah wawasan kita terkait ragam jenis kucing hias yang ada di berbagai negara. Selain itu, bagi Anda yang tertarik dengan ras kucing Turkish Van maka dapat mencarinya di cattery resmi yang ada di sekitar kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.kucingkita.com/ras-kucing/turkish-van
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Van_turki

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Hobie_the_turkish_van.JPG


Related Posts :