Minggu, 04 Maret 2018

Mengenal Lebih Dekat Ikan Silver Dollar

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-lebih-dekat-ikan-silver-dollar

Ragam jenis ikan hias yang banyak dipelihara orang-orang dari berbagai negara termasuk Indonesia sebagiannya berasal dari Sungai Amazon yang ada di Benua Amerika. Daya tarik yang dimiliki ikan hias asal sungai Amazon cukup beragam mulai dengan bentuk fisik yang unik dan corak warna yang indah. Selain itu, jenis ikan hias yang berasal dari sungai terpanjang di dunia tersebut pun cukup banyak mulai dari ikan Convict Cichlid, ikan Mickey Mouse, ikan Severum, ikan Neon Tetra, dan Silver Dollar. Kesemua jenis ikan hias tersebut umumnya sudah dikenal luas orang-orang dari berbagai negara. Akan tetapi agar kita semakin mengenalnya maka pada tulisan ini coba mengulik salah satu di antaranya. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Silver Dollar.

Ikan hias Silver Dollar merupakan jenis ikan hias air tawar yang mendiami perairan Amazon yang berada di negara Brazil dan Paraguay. Area sungai yang dijadikan tempat tinggalnya memiliki suhu sedang berkisar diantara 24 sampai 28 derajat celcius dengan tingkat pH 5 sampai 7. Selain itu, ikan Silver Dollar berkerabat dekat dengan ikan ganas yang ada di perairan Amazon yakni ikan Piranha dan ikan Pacu. Dikatakan memiliki hubungan kerabat dengan ikan Piranha dan Pacu dikarenakan terdapat kesamaan dari bentuk tubuhnya yang tampak pipih. Tapi ukuran tubuh ikan Silver Dollar tidak sepanjang dan sebesar dua ikan kerabat dekatnya tersebut. Selain itu, ikan hias berbadan pipih ini juga tidak memiliki gigi setajam dua ikan pemakan daging tersebut.

File:Metynnis hypsauchen small.jpg
Gambar: Ikan Silver Dollar

Ciri fisik ikan Silver Dollar memiliki ukuran tubuh sedang dengan panjang sekitar 20 cm saja. Tubuhnya berbentuk pipih yang mirip seperti ikan hias Discus dengan ukuran yang sedikit lebih tipis. Sirip ikan Silver Dollar terdapat di bagian atas yang berukuran sedang dan terbentang sampai ke batas pangkal ekornya. Di bagian bawah perutnya terdapat sepasang sirip kecil yang berwarna putih transparan. Lalu dibagian bawah dekat sepasang sirip tadi juga terdapat sirip yang tumbuh membentang sampai ke area pangkal ekornya. Ekor ikan asal sungai Amazon ini juga berukuran cukup lebar dengan rupa mirip kipas tangan yang sedang dikembangkan.

Selain itu juga, bola mata ikan Silver Dollar tampak bulat dengan ukuran yang agak besar dan pupilnya berwarna hitam pekat. Mulutnya berada dekat dengan matanya yang bulat dan ukurannya tidak terlalu besar. Pada bagian badannya tampak bersisik halus yang hanya kelihatan jelas saat terkena sorot lampu. Lalu corak warna yang menutupi hampir seluruh tubuhnya sesuai dengan namanya yakni berwarna silver atau perak. Selain berwarna silver juga terdapat warna lain seperti warna hitam yang tampak di bagian sirip atasnya berupa bintik-bintik agak tebal. Ada juga warna merah terang yang terlihat dibagian sirip bawah dekat perutnya.

Bila saudara dekatnya yang memiliki sifat agresif untuk memangsa benda apapun yang masuk ke air maka beda halnya dengan ikan Silver Dollar yang cenderung cukup tenang. Tapi saat dirinya sedang terancam oleh keberadaan ikan lain maka sifat tenangnya itu pun bisa berubah menjadi agresif untuk mempertahankan dirinya. Lalu ikan Silver Dollar termasuk ikan omnivora yang dapat memakan aneka jenis makanan baik itu ganggang, tanaman air, cacing, dan serangga kecil.

Nah, demikianlah penjelasan seputar ikan Silver Dollar yang berasal dari sungai Amazon dengan ciri fisik tak kalah indah dibanding jenis ikan hias air tawar lainnya. Selain itu, harga ikan Silver Dollar untuk tiap ekornya tidak terlalu mahal yakni berada di kisaran sepuluh ribu rupiah. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ikan Silver Dollar maka tak ada salahnya coba membelinya di pasar ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://akuariumhias.blogspot.co.id/2013/09/budidaya-ikan-silver-dollar.html
2. http://www.ilmuhewan.com/fakta-dan-tips-budidaya-ikan-hias-silver-dolar/

Sumber Gambar:
https ://commons.wikimedia.org/wiki/File:Metynnis_hypsauchen_small.jpg


Related Posts :