Sabtu, 17 Maret 2018

Mengenal Lebih Dekat Ikan Wolf Cichlid

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-lebih-dekat-ikan-wolf-cichlid

Jenis ikan hias Cichlid termasuk cukup banyak digemari para penghobies ikan hias tidak hanya di tanah air tapi juga di berbagai negara. Banyaknya yang memelihara jenis ikan Cichlid dikarenakan corak warnanya yang bervariasi sehingga tampak indah. Ukuran tubuhnya pun tergolong lumayan besar dengan panjang dapat mencapai hampir satu meter. Selain itu, karakter jenis ikan Cichlid dikenal sebagai ikan predator yang suka memangsa ikan yang ukurannya jauh lebih kecil darinya. Untuk itu pada tulisan ini coba mengenalkan salah satu jenis ikan Cichlid yang sudah umum dikenal orang-orang dengan karakter yang jauh lebih agresif dibanding jenis ikan Cichlid lainnya. Adapun nama ikan tersebut adalah ikan Wolf Cichlid.

Ikan Wolf Cichlid merupakan salah satu dari delapan jenis ikan Cichlid yang terkenal di dunia yang sering diburu para kolektor ikan hias. Ciri fisik ikan Wolf Cichlid memiliki bentuk tubuh yang sedikit mirip dengan ikan hias Louhan. Kemiripan tersebut tampak dari bentuk badannya yang pipih dengan adanya sedikit benjolan di bagian depan kepalanya. Selain itu, pada bagian depan kepala ikan Wolf Cichlid tampak agak menjorok ke dalam sehingga terlihat sedikit melengkung di bagian keningnya. Matanya berukuran besar dengan warna hitam pekat di bagian pupil dan warna kuning tua di area irisnya. Mulutnya berukuran lumayan besar yang letaknya agak sedikit berjarak dari matanya.

File:Parachromis dovii guapote.JPG
Gambar: Ikan Wolf Cichlid

Sirip ikan yang bernama latin Parachromis Dovii ini tampak di bagian atas yang terbentang mulai pangkal punggung sampai pangkal ekornya. Tapi sirip yang tumbuh memanjang terlihat di bagian ujung atas badannya. Tepat di belakang insangnya juga terdapat sepasang sirip yang berukuran sedang yang berguna untuk berenang. Lalu di bagian bawah perut juga terdapat sepasang sirip pendek dengan adanya sirip lain yang tampak di arah belakang sampai menyentuh pangkal ekornya. Untuk ekornya sendiri berukuran sedang dengan bentuk mirip kipas.

Perlu diketahui bahwa ukuran tubuh ikan Wolf Cichlid tergolong cukup panjang hingga dapat mencapai 72 cm. Corak warna tubuhnya tampak indah dengan warna dasar kuning keemasan yang kemilau. Warna kuning keemasan tersebut menutupi seluruh tubuhnya mulai kepala sampai pangkal ekor. Selain itu, sekujur badannya dipenuhi dengan bintik-bintik hitam yang terbentuk secara tidak beraturan. Pada bagian tengah badannya terdapat warna hitam yang berukuran sedang dengan bentuk mirip bulatan yang tidak beraturan. Seluruh ekornya tampak berwarna biru tua yang berkilauan dengan adanya bintik-bintik hitam di bagian pangkal siripnya.

Perairan tawar yang menjadi habitat ikan Wolf Cichlid bukan hidup di perairan kita tapi berasal dari Amerika Tengah tepatnya di negara Honduras, Nikaragua, dan Kostarika. Karakter atau sifat ikan yang mirip Louhan ini dikenal cukup agresif dan teritorial terhadap wilayahnya. Dengan sifat agresif yang dimilikinya membuat ikan lain yang ukurannya jauh lebih kecil akan menjadi santapan atau buruannya di akuarium. Selain itu, ukuran akuarium yang menjadi tempat tinggalnya tentu harus lumayan besar agar membuatnya nyaman dan tidak melompat dari atas kacanya. Sebagai ikan predator yang cukup garang dan agresif tentu dalam perawatan harian perlu diberi pakan daging berupa ikan kecil, udang, cacing tanah, cacing beku, maupun pelet.

Nah, demikianlah ulasan seputar ikan Wolf Cichlid yang tidak hanya dikenal agresif tapi juga memiliki penampilan yang lumayan indah. Hanya saja, mengingat bahwa ikan Wolf Cichlid termasuk ikan impor yang berasal dari luar negeri membuatnya pun cukup sulit ditemui di pasaran ikan hias. Hal ini dikarenakan tidak diketahui secara jelas terkait sudah adanya para peternak ikan hias yang berhasil membudidayakannya. Selain itu, harga ikan Wolf Cichlid pun sudah pasti lumayan mahal hingga mencapai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Akan tetapi bagi Anda yang memang tertarik dengan ikan Wolf Cichlid maka tak ada salahnya mencarinya di pasar ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://ikanhias-id.blogspot.co.id/2014/08/wolf-cichlid-parachromis-dovii.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Parachromis_dovii_guapote.JPG


Related Posts :