Kamis, 15 Maret 2018

Mengulik Keindahan Ikan Diamond Tetra

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengulik-keindahan-ikan-diamond-tetra

Ketika ditanyakan tentang jenis ikan hias Tetra mungkin sebagian besar dari para pembaca sudah mengenal ataupun sedang memeliharanya. Ya, hal ini dirasa wajar sebab jenis ikan Tetra termasuk salah satu jenis ikan hias yang tidak hanya populer bagi para penghobies di tanah air tapi juga di berbagai belahan negara lainnya. Selain itu, alasan ikan hias jenis Tetra banyak digandrungi orang-orang dikarenakan corak warnanya yang bervariasi dengan ukuran fisik yang lumayan kecil. Untuk itu pada tulisan ini coba mengulik terkait salah satu jenis ikan Tetra yang sudah umum dikenal para penghobies di tanah air. Adapun nama ikan tersebut adalah ikan Diamond Tetra.

Ya, ikan Diamond Tetra merupakan salah satu jenis ikan Tetra yang ciri fisiknya tampak agak berbeda dibanding jenis ikan Tetra lainnya. Perbedaan tersebut tampak dari bentuk tubuhnya yang agak pipih di bagian badannya. Ukuran tubuhnya tidak kalah berbeda dibanding jenis ikan Tetra lainnya yang sama-sama berukuran kecil dengan panjang hanya sekitar 6 cm saja. Tapi corak warna ikan Dimaond Tetra tidak sebanyak jenis ikan Tetra lainnya yang memiliki lebih dari dua warna. Corak warna ikan Diamond Tetra hanya terdiri dari dua jenis warna yakni silver kekuningan dan ungu transparan. Warna silver kekuningan tampak menutupi seluruh area badannya mulai dari kepala sampai pangkal ekornya. Lalu warna ungu terlihat di seluruh bagian sirip dan ekornya.

File:Diamond tetra.JPG
Gambar: Ikan Diamond Tetra

Ciri lainnya dari ikan yang bernama latin Moenkhausia pittieri ini adalah corak warna di badannya tampak berkilauan saat terpapar cahaya. Kilauan yang terlihat di badan ikan Diamond Tetra ini dikarenakan setiap sisik yang dimilikinya bersifat reflektor yang akan memantulkan cahaya yang datang. Warna kemilauan ini sebenarnya menjadi ciri khas khusus untuk ikan Diamond Tetra yang tidak ada pada jenis ikan Tetra lainnya. Selain itu, sirip di bagian atas tubuhnya tidak terlalu lebar dan tumbuh cukup panjang hingga hampir mencapai ujung badannya. Pada bagian bawah tubuhnya terdapat satu sirip yang berukuran sedang dan terbentang cukup lebar hingga mencapai pangkal ekornya. Lalu ekornya juga tidak terlalu panjang dan bentuknya mirip seperti senjata bumerang. Di bagian atas matanya terdapat coretan warna merah terang.

Di samping itu juga, ikan Diamond Tetra termasuk jenis ikan hias yang hidup bergerombol dengan jumlah sekitar lima sampai enam ekor. Di habitat aslinya area perairan tawar yang dihuninya adalah sungai dangkal yang berarus sedang. Selain itu, ikan mungil ini juga terdapat di area danau yang menjadi tempat asalnya berada. Adapun tempat asal ikan Diamond Tetra ini berada di negara Venezuela dengan habitat di Danau Valencia dan daerah Rio Tiquiriti yang memiliki perairan tawar bernama Rio Bue. Kondisi air yang dapat disediakan dalam akuarium biasanya bersuhu sekitar 26 derajat Celcius dengan kadar pH 6.

Sedangkan karakter atau sifat ikan Diamond Tetra dikenal bersahabat dan mampu hidup bersama jenis ikan Tetra lainnya yang memiliki sifat yang sama. Begitu pula makanan yang bisa diberikan kepada nya cukup beragam mulai dari pakan hidup sampai kering seperti cacing beku ataupun pelet. Selain itu, dalam perawatan ikan Diamond Tetra tergolong sama dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Tapi agar corak kemilauan di tubuh ikan Diamond Tetra dapat tereksplorasi lagi maka pilihlah lampu yang agak gelap seperti merah tua ataupun kehitaman.

Nah, demikianlah ulasan seputar ikan Diamond Tetra yang tubuhnya tampak berkilauan mirip seperti berlian. Untuk itu dengan membaca artikel ini sampai tuntas kiranya dapat menambah wawasan kita seputar ragam jenis ikan hias yang banyak dijual di pasar ikan hias. Karenanya bagi Anda yang tertarik dengan ikan Diamond Tetra maka dapat mencarinya di pasar ikan hias yang ada di sekitar kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://gamesikan.my.id/sekilas-profil-dan-cara-merawat-ikan-hias-diamond-tetra/
2. http://jurnalaquascape.com/portfolio/diamond-tetra/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Diamond_tetra.JPG


Related Posts :