Jumat, 02 Maret 2018

Mengulik Tentang Kucing Burmilla

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/mengulik-tentang-kucing-burmilla

Bila ditanyakan tentang ras kucing Burmilla mungkin tidak banyak dari kita yang mengenal ataupun pernah memeliharanya. Hal ini terasa wajar sebab ras kucing Burmilla memang sangat jarang sekali diperbincangkan sebagai ras kucing hias yang populer. Tapi, perlu diketahui bahwa ras kucing yang berasal dari Inggris ini juga memiliki bentuk fisik yang tak kalah lucu dibanding ras kucing yang sudah lazim dipelihara. Selain itu, ras kucing Burmilla termasuk salah satu jenis kucing hias yang dihasilkan dengan melakukan perkawinan silang dan membutuhkan peran manusia. Untuk itu pada artikel ini coba menguliknya lebih dalam lagi agar semakin dikenal luas oleh para pembaca sekalian.

Kucing Burmilla merupakan ras kucing hias yang dihasilkan dengan adanya bantuan manusia untuk mengembangbiakkannya. Tapi sebelum adanya campur tangan manusia terlebih dahulu ras kucing ini lahir dari perkawinan silang antara ras kucing Chinchilla yang jantan dan ras Burma yang betinanya yang berlangsung sekitar tahun 1981. Perkawinan silang yang menghasilkan empat anakan berbulu pendek yang menjadi cikal bakal lahirnya ras kucing Burmilla terjadi tanpa sepengetahuan masing-masing pemilik kucing hias tersebut. Selanjutnya, keempat anakan tersebut coba dikembangbiakkan untuk semakin menyempurnakan struktur genetiknya agar berbeda dengan ras kucing lainnya yang sudah ada pada saat itu.

File:Male Burmilla cat.jpeg
Gambar: Ras Kucing Burmilla

Adapun ciri fisik ras kucing Burmilla memiliki ukuran tubuh yang tergolong besar dengan panjang dapat mencapai sekitar 100 cm. Tubuhnya tampak berotot dan besar mulai dari kepala sampai ekornya. Kepalanya berbentuk bulat dengan mata besar yang berwarna hijau dan berbentuk oval. Antar kedua telinganya memiliki jarak yang lumayan lebar dan bagian depan telinganya sampai ditumbuhi bulu-bulu halus yang agak panjang. Mulut atau moncongnya membentuk pola segitiga dengan banyaknya bulu yang tumbuh di sekitar pipinya. Keempat kakinya berukuran agak panjang dengan otot yang kekar dan diselimuti bulu-bulu pendek yang lebat. Ekornya pun juga demikian panjangnya dengan bentuk yang cukup besar dan terkadang bagian ujungnya dapat melengkung ke atas.

Ciri lainnya yang perlu dikenali dari ras kucing Burmilla adalah ukuran bulunya yang pendek dan di beberapa bagian yang tampak sedikit agak panjang. Bulu-bulu yang menutupi seluruh tubuhnya termasuk cukup lebat dan konturnya sangat lembut atau halus saat disentuh tangan kita. Selain itu corak warna tubuhnya hanya terdiri dari dua warna yakni putih kusam dan abu-abu kehitaman. warna abu-abu kehitaman tampak menutupi hampir seluruh area tubuhnya mulai dari kening, kepala, punggung, sisi badan, sisi depan kaki, dan ekornya. Warna putih kusam terlihat di bagian sisi kening dekat telinga, tenggorokan, leher bawah, dada, perut, dan sisi belakang keempat kakinya. Yang menjadi ciri penanda khusus untuk ras kucing Burmilla dapat dilihat di bagian kening antara kedua matanya yang terdapat garis hitam yang membentuk huruf “W”.

Di samping itu, karakter atau sifat yang dimiliki oleh kucing Burmilla merupakan warisan dari masing-masing indukkan awalnya. Karakter yang diwarisi kucing asal negara Inggris ini adalah keaktifannya yang suka diajak bermain oleh pemiliknya. Tapi keaktifan bergeraknya tidak sebanding dengan ras kucing Burma yang dikenal tidak mudah diam. Selain itu, kucing Burmilla juga termasuk cukup tenang dan anggun yang mengikuti sifat dari ras Chinchilla. Untuk itu, ras kucing Burmilla sangat cocok dibawa ke ajang kontes kucing hias dengan gaya berjalan yang tenang dan tidak terlalu aktif bergerak.

Sedangkan asal nama kucing Burmilla diambil dari masing-masing indukkannya dengan menggabungkan kedua namanya. Pengakuan pertama kali yang diterima ras kucing Burmilla berlangsung sekitar tahun 1984. Lalu di tahun 1990-an juga mendapatkan pengakuan dari organisasi Federation Internationale Feline (FiFe). Dan di tahun 1997 kembali lagi mendapat pengakuan terkait dengan stabilnya sifat-sifat genetiknya.

Nah, demikianlah ulasan terkait ras kucing Burmilla yang memiliki ciri fisik unik dan tingkah yang berbeda dari ras kucing hias lainnya. Untuk itu dari membaca artikel ini sampai tuntas dapat menambah wawasan kita terkait ragam jenis kucing hias yang ada di dunia khususnya ras kucing Burmilla. Hanya saja, tidak diketahui secara pasti apakah ras kucing Burmilla sudah ada yang mengembangbiakkan atau memperdagangkannya di cattery Indonesia. Sebab ras kucing asal Inggris ini tergolong baru dan belum banyak yang memang memeliharanya di berbagai negara termasuk Indonesia.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Burmilla
2. http://kucingkita.com/ras-kucing/burmilla

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Male_Burmilla_cat.jpeg


Related Posts :