Jumat, 09 Maret 2018

Serpae Tetra, Si Ikan Hias Kecil dari Sungai Amazon

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/serpae-tetra-si-ikan-hias-kecil-dari-sungai-amazon

Sungai Amazon yang merupakan sungai terpanjang ke dua di dunia setelah sungai Nil dapat dikatakan sebagai gudangnya ragam jenis ikan hias yang banyak dipelihara orang-orang di berbagai negara tanpa terkecuali Indonesia. Ragamnya jenis ikan hias yang berasal dari sungai Amazon memiliki berbagai jenis dan ukuran yang bermacam-macam mulai dari ukuran yang besar sampai terkecil sekalipun. Selain itu, kelebihan yang dimiliki jenis ikan hias dari Benua Amerika ini mampu beradaptasi dengan kondisi air yang sedikit berbeda dari tempat asalnya. Untuk itu pada tulisan ini coba mengenalkan terkait salah satu jenis ikan hias dari sungai Amazon yang sudah umum dipelihara orang-orang. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Serpae Tetra.

Ikan Serpae Tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang berukuran cukup kecil dengan panjang hanya sekitar 4 cm saja. Di habitat aslinya area perairan tawar yang menjadi tempat tinggalnya umumnya adalah sungai yang berukuran lebar dengan arus yang lumayan deras atau kencang. Selain itu, kondisi air yang seusai bagi ikan Serpae Tetra memiliki suhu sedang yang berkisar di antara 22 sampai 27 derajat Celcius. Dan juga, perlu diketahui bahwa ikan yang mungil ini berasal dari Benua Amerika tepatnya berada di beberapa negara seperti Brazil, Paraguay, Bolivia, Argentina, dan Peru. Luasnya daerah atau negara yang menjadi habitat ikan ini membuatnya tentu sudah dikenal oleh masyarakat di sana.

File:Serpae tetra.JPG
Gambar: Ikan Serpae Tetra

Sedangkan karakter atau sifat yang dimiliki ikan hias Serpae Tetra ini sangat berbeda dengan jenis ikan Tetra kebanyakan dan wataknya cenderung menyerupai ikan Black Tetra. Karakter yang perlu diketahui dari ikan Serpae Tetra ini dikenal cukup agresif terhadap ikan lain yang satu akuarium dengan nya. Keagresifan ini ditunjukkannya dengan mengejar ikan yang siripnya berukuran panjang hingga tampak menjuntai. Ikan yang siripnya menjuntai tersebut tidak hanya dikejar oleh ikan Serpae Tetra saja tapi juga digigit sampai rusak. Selain itu, ikan mungil asal sungai Amazon ini juga tergolong aktif berenang ke berbagai arah dalam akuarium. Kesamaan karakter dengan jenis ikan Tetra lainnya adalah sifatnya yang hidup berkelompok dengan jumlah di atas sepuluh ekor.

Adapun ciri fisik ikan yang bernama latin Hyphessobrycon Eques ini memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil seperti yang sudah ditulis pada paragraf ke dua. Tubuhnya berbentuk memanjang dengan bagian badannya yang tampak agak pipih. Sirip ikan Serpae Tetra tampak di bagian atas dan bawah tubuhnya. Pada bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang menjuntai agak panjang hingga mencapai pangkal ekornya. Pada bagian bawah tubuhnya tepatnya di area belakang perut terdapat sirip yang tidak terlalu panjang tapi lumayan lebar yang terbentang hingga ke mencapai pangkal ekornya. Lalu ekornya memiliki ukuran sedang dan cukup lebar yang membentuk pola mirip huruf “V”.

Di bagian seluruh badannya tampak bersisik yang dapat dilihat mata tanpa harus disorot dengan cahaya lampu. Bola matanya berukuran agak besar dengan pupil berwarna hitam dan irisnya berwarna kemerahan. Mulutnya tidak terlalu besar atau lebar dengan letak berada cukup dekat dari matanya. Lalu corak warna yang menutupi tubuh ikan Serpae Tetra ini dikatakan bervariasi dengan hiasan warna merah gelap, hitam, kuning keemasan, dan putih transparan. Warna merah gelap menutupi hampir seluruh tubuhnya mulai dari kepala, badan, sirip bawah, dan ekornya. Warna hitam terlihat di bagian badan berupa garis tebal vertikal, sirip atas, dan area terluar sirip bawahnya. Warna kuning keemasan tampak membungkus hampir keseluruhan badan yang bercampur warna merah. Dan warna putih transparan tampak di bagian ujung ekornya.

Di samping itu, ikan Serpae Tetra termasuk jenis ikan hias pemakan segalanya atau omnivora sehingga cocok diberikan pakan berupa cacing merah, cacing beku, ataupun pellet. Selain itu, akuarium yang menjadi tempat tinggalnya juga perlu dilengkapi dengan peralatan tambahan berupa batu-batu kecil, tumbuhan air yang berukuran agak panjang, dan cahaya lampu yang terang. Dan juga, jenis ikan Serpae Tetra sudah cukup banyak yang membudidayakannya di tanah air tanpa harus lagi menunggu kiriman dari negara asalnya di Benua Amerika. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan Serpae Tetra maka dapat mendatangi pasar ikan hias yang ada di wilayah kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.majalahikan.com/2016/09/kenali-profil-dan-cara-memelihara-serta.html
2. http://www.aquascapeindo.com/profil-ikan-serpae-tetra.html#
3. http://www.infoikan.com/2017/02/panduan-lengkap-budidaya-ikan-hias.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Serpae_tetra.JPG


Related Posts :