Jumat, 02 Maret 2018

Tips Memulai bisnis Online

Sudah terbit di: https://steemit.com/online/@puncakbukit/tips-memulai-bisnis-online

Di era serba digital seperti saat ini. Online shopping menjadi salah satu topik yang selalu hangat untuk dibahas karena menawarkan berbagi kemudahan bagi para konsumennya. Online shopping selalu menjadi pilihan bagi orang – orang yang sibuk agar tetap dapat berbelanja dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

Untuk itu tidak heran apabila sekarang toko online bertebaran layaknya jamur. Bagi anda yang tertarik dengan bisnis ini dan serius menekuninya maka anda bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis ini.


Gambar 1. Dunia online shopping

Saat menekuni bisnis ini anda mungkin akan mengalami beberapa kali trial dan eror. Namun, sama seperti bisnis pada umumnya yang anda butuhkan adalah ketekunan dan kesabaran.

Berikut tips – tips bagi anda yang akan memulai bisnis online,

  1. Fokus
    Saat anda baru mencoba bisnis ini alangkah baiknya jika anda fokus pada satu bidang dulu. Pilihlah bidang yang kiranya cepat menghasilkan keuntungan. Baru setelah bidang pertama berjalan lancar anda bisa memikirkan untuk mencabangkan atau merambah bisnis ke bidang yang lain.

  2. Pilih produk
    Meskipun ini adalah toko online anda tidak harus menjual sesuatu yang sifatnya online juga semisal software, e-book, tools, dll. Anda juga dapat menjual barang yang sifatnya fisik seperti pakaian, kosmetik, mainan, dan peralatan rumah tangga.

    Usahakan anda menjual produk yang anda sukai atau kuasai seluk beluknya sehingga anda tidak perlu lagi mempelajari pengetahuan produk yang anda jual. Mengetahui seluk beluk produk berguna saat ada konsultasi antara calon pembeli dengan penjual.

  3. Buka lapak
    Saat ini sudah banyak website yang menyediakan lapak bagi anda untuk berjualan seperti tokopedia, lazada, shoppe, blibli, dsb. tetapi jika anda mau buka lapak mandiri pun tidak masalah. Anda bisa memanfaatkan web domain berbayar, facebook, instagram sebagai lapak jualan anda.

  4. Pemasaran Jika Anda baru memulai berjualan online mungkin akan bingung cara pertama mempromosikan barang jualan itu.Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan harus mengambil langkah seperti mengendorse artis, membayar iklan di beberapa media sosial. Hal ini penting untuk pemasaran penjualan online.

  5. Tentukan target pasaran
    Dengan melakukan beberapa riset pasar, Anda akan mudah mengoptimalkan anggaran pemasaran dan meningkatkan penjualan.Selanjutnya tentukan target penjualan, Anda harus memiliki target pencapaian omset berapa rupiah yang ingin dihasilkan setiap bulannya. Hal tersebut akan memotivasi Anda untuk mencapai kesuksesan.

  6. Foto produk yang dijual
    Foto barang yang anda jual menjadi bagian penting dalam kelancaran bisnis online shopping anda untuk itu baiknya anda menggunakan gambar berkualitas untuk setiap produk anda atau agar gambar produk terlihat hidup anda bisa menyewa model untuk berpose dengan dagangan anda. Itulah beberapa tips yang dapat anda pertimbangkan dalam membangun bisnis anda. Selamat berbisnis dan semoga sukses.

Oleh : nana
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. http://rocketmanajemen.com/peluang-bisnis-online-tanpa-modal/
2. http://bisnis.liputan6.com/read/2381879/5-tips-jitu-sukses-bisnis-online

Referensi gambar :
gambar 1. https://pixabay.com/en/ecommerce-selling-online-2140604/


Related Posts :