Senin, 02 April 2018

Mengenal Lebih Dekat Kucing California Spangled

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/mengenal-lebih-dekat-kucing-california-spangled

Bila ditanyakan tentang kucing California Spangled mungkin tidak banyak dari kita yang mengenal atau melihatnya secara langsung. Hal ini dirasa wajar sebab kucing California Spangled termasuk ras kucing hias yang populasinya berjumlah jauh lebih sedikit dibanding ras kucing hias lainnya. Selain itu, tampilan fisiknya tampak mirip Macan Tutul yang ada di Afrika dengan adanya corak totol di sekujur tubuhnya. Untuk itu pada tulisan ini coba mengulik lebih jauh lagi seputar kucing California Spangled dengan tujuan agar dapat semakin dikenal oleh para pembaca sekalian.

Kucing California Spangled bukanlah jenis ras kucing hias yang terbentuk secara alami melainkan dihasilkan dari rekayasa genetik dengan melakukan perkawinan silang. Indukkan yang digunakan untuk menghasilkan ras kucing California Spangled terdiri dari beberapa jenis seperti kucing Abisina, American Shorthair, dan kucing berbulu pendek dari Inggris. Banyaknya jumlah indukkan yang dipakai untuk menghasilkan ras kucing California Spangled dikarenakan proses perkawinannya dilakukan beberapa kali sampai mendapati hasil yang diinginkan penciptanya.

File:Star Spangled Cat.jpg
Gambar: Ras Kucing California Spangled

Terciptanya ras kucing California Spangled digagas oleh Louis Leakey yang berlangsung sekitar tahun 1980-an. Tempat yang dijadikan untuk menghasilkan ras kucing Spangled ini berada di California dan sekaligus disematkan menjadi nama ras kucing hias tersebut. Selain itu, alasan yang membuat Louis Leakey berkeinginan menciptakan ras kucing California Spangled dikarenakan merasa miris melihat Macan Tutul yang ada di Afrika terus diburu hingga menyebabkan statusnya terancam punah. Dari fenomena itulah, Louis bermaksud untuk menghadirkan ras kucing hias yang mirip miniatur Macan Tutul mini agar semakin banyak yang peduli atas kelestariannya di alam liar.

Di samping itu, ciri fisik kucing California Spangled memiliki ukuran tubuh yang tergolong agak besar dan panjang. Corak warnanya tampak mirip Tutul dengan adanya lingkaran hitam yang berukuran sedang menutupi sekujur tubuhnya. Selain itu, warna dasar kucing asal California ini terlihat berwarna cokelat tua yang terdapat di hampir seluruh area tubuhnya. Tampak juga warna putih di beberapa area tubuhnya seperti sekitar area mulut, dada bawah, dan perutnya. Hanya saja, warna bulu kucing California Spangled tidak selalu bercorak cokelat dan berbintik hitam yang berukuran kecil saja. Sebab ada juga yang terlahir dengan warna dasar putih abu-abu dan bintik-bintiknya terlihat berukuran agak besar dengan bentuk yang tidak beraturan.

Bentuk wajah kucing California Spangled terlihat agak bulat dengan pipi yang berdaging dan mulut yang lebar. Hidungnya berukuran agak besar dengan telinga yang juga berbentuk agak lebar. Matanya berbentuk oval dengan ukuran yang tidak besar dan memiliki sorot mata yang tajam. Keempat kakinya tampak berotot dengan bentuk yang agak besar dan berukuran lumayan panjang. Begitu pula dengan ekornya yang berukuran cukup panjang dengan corak loreng mulai dari pangkal sampai ujungnya.

Walaupun corak bulunya mirip Macan Tutul bukan berarti karakter atau sifat kucing California Spangled juga garang atau tidak bersahabat dengan manusia. Ya, karakter atau sifat kucing California Spangled dikenal cukup menyenangkan dengan mudah beradaptasi di lingkungan pemiliknya. Kucing ini pun suka diajak bermain dan berkeliling di sekitar halaman rumah. Rasa ingin tahu yang dimilikinya cukup tinggi dan terkenal cerdas serta mampu berburu atau menangkap hewan kecil seperti tikus. Mampunya kucing California Spangled beradaptasi dengan manusia dikarenakan semua indukkannya merupakan kucing domestik yang sudah umum dipelihara orang-orang sehingga karakternya pun tidak jauh berbeda dari indukkan asalnya.

Nah, begitulah penjelasan seputar kucing California Spangled yang corak warna bulunya tampak mirip dengan Macan Tutul. Selain itu, harga kucing California Spangled tergolong mahal hingga mencapai 30-an juta rupiah per ekornya. Mahal nya harga kucing dari Amerika ini dikarenakan jumlahnya yang sangat terbatas dan tidak banyak yang mencoba mengembangbiakkannya. Karenanya dengan membaca artikel ini sampai tuntas kiranya dapat menambah pemahaman kita seputar ras kucing hias yang ternyata jenisnya cukup beragam. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_berhias_california
2. http://kucinggue.blogspot.co.id/2013/01/mengenal-kucing-california-spangled.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Star_Spangled_Cat.jpg


Related Posts :