Jumat, 06 April 2018

Tips Membuat Video YouTube yang Menarik

Sudah terbit di: https://steemit.com/video/@puncakbukit/tips-membuat-video-youtube-yang-menarik

Apakah kita ingin menjadi YouTuber sukses? Saat ini, tak sedikit juga YouTuber yang berhasil mendapatkan pendapatan yang tak sedikit. Memang, mem-posting video Youtube dapat menjadi peluang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Nah, apakah tertarik berkreasi membuat video YouTube? Lalu, bila tertarik, konten video seperti apa yang lebih disukai penonton?Berikut beberapa tips membuat konten video YouTube yang menarik.


Gambar 1. Seperti Apa Tayangan Video YouTube yang Menarik?

Konten Video yang Lebih Disukai Penonton.
Sebelum membahas berbagai tips membuat video Youtube, mari kita lebih memahami konten video yang lebih disukai penonton? Nah, seperti apa konten video tersebut? Berikut beberapa konten tersebut

  • Durasi video tak terlalu lama. Cermati lamanya video. Sebabnya, penonton cenderung kurang menyukai video berdurasi panjang. Selain itu, penonton belum tentu memiliki banyak waktu untuk menyimaknya.
  • Permanis tampilan video. Tambahkan musik, animasi teks, animasi judul, penyampaian serta gaya komunikasi yang unik, dan sebagainya. Semakin kreatif, kita akan menemukan banyak hal untuk mempermanis tampilan video
  • Mengandung hal-hal positif yang menggugah penonton. Misalnya, membuat video yang menceritakan perjuangan seorang penjahit hingga berhasil menyekolahkan anaknya hingga universitas. Ataupun, perjuangan seorang tuna netra hingga berhasil menyandang gelar sarjana. Kedua contoh video tersebut mengandung makna positif bahwa dengan usaha sungguh-sungguh akan mendatangkan kesuksesan. Kedua contoh video tersebut mengajak penonton ‘hanyut’ ke dalam cerita.
  • Mem-posting video pada waktu yang tepat. Ambil contoh, beberapa hari mendatang akan tiba pergantian tahun. Kita dapat membuat video yang terkait dengan hal tersebut. Misalnya, memposting tips menyusun rencana saat awal tahun ataupun tips merayakan tahun baru dengan cara yang lebih unik.
  • Video berisi Informasi menarik dan informasi yang belum diketahui banyak orang. Dunia begitu luas. Karenanya, terdapat beragam hal-hal menarik. Kita dapat membuat video yang berisi informasi menarik. Misalnya, video 7 danau terunik di dunia.
  • Buatlah video yang menginspirasi penonton. Dapat juga membuat video yang berisi inspirasi. Misalnya, inspirasi penataan interior, inspirasi bisnis, inspirasi investasi, inspirasi gaya hidup sehat, dan sebagainya.

Cermati Juga Aspek Teknis.
Meskipun video YouTube begitu menarik untuk disimak, akan kurang ‘bernilai jual’ bila kita kurang mencermati aspek teknis. Aspek teknis yaitu segala hal terkait kualitas tampilan video. Nah, agar kualitas tampilan video lebih baik, gunakan alat video recorder yang berkualitas, cermati aspek pencahayaan saat mengambil video, cermati kualitas suara, dan sebagainya. Aspek teknis yang kurang baik pun biasanya menghambat penonton mencerna apa yang tampak pada layar video. Kita dapat mempelajari aspek tersebut via berbagai media, misalnya mencari video-video tutorialnya.

Demikian, beberapa tips membuat video YouTube yang menarik. Kesimpulannya, membuatnya bukanlah hal yang sulit. Selamat berkreasi…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://www.forbes.com/sites/ilyapozin/2014/08/07/6-qualities-to-make-your-videos-go-viral/#4b29d494154e
2. https://www.makeuseof.com/tag/youtube-videos-suck/

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2016/08/23/15/12/youtube-1614709_960_720.png


Related Posts :