f a q




1. Apa saja kriteria tulisan yang diterima?

- Hasil menulis sendiri
- Gambar/foto/video harus legal
- Tidak terlalu singkat, minimal 400 kata
- Tidak terlalu panjang, maksimal 800 kata
- Menarik dan bermanfaat bagi masyarakat
- Jarang ditulis orang
- Hak cipta milik Puncak Bukit, untuk diterbitkan di bawah Lisensi Creative Commons

Lihat juga kriteria tulisan.

2. Apa saja tema tulisan yang diterima?

Apa saja kecuali berbagai jenis cerita, berita dan puisi. Contoh tema yang diterima: perjalanan, hiburan, musik, film, game, olahraga, seni, masakan, kesehatan, pertamanan, pengasuhan anak, remaja, agama, spiritual, bisnis, ekonomi, komputer, sejarah, sains, teknik dll.

Lihat juga kriteria tulisan.

3. Apa saja tema tulisan yang tidak diterima?

Berbagai jenis cerita, berita dan puisi, seperti cerita anak, cerita pendek, cerita bersambung, cerita seram, cerita romantis, cerita fantasi, fiksi, misteri, kisah nyata, petualangan, berita sehari-hari, berita olahraga, berita politik, berita ekonomi, syair, pantun, sajak, deklamasi, lirik lagu, prosa dll.

Lihat juga kriteria tulisan.

4. Apakah boleh mengirim tulisan hasil menyadur?

Boleh, yaitu menulis ulang karya orang lain dengan gaya bahasa yang berbeda. Dalam hal ini diharuskan menuliskan juga referensi sumber dengan format:

Nama belakang penulis, Nama depan penulis. Tahun terbit. Judul buku. Lokasi terbit: Penerbit.

misalnya:

Surya, Hendra. 2004. Kiat Mengatasi Perilaku Penyimpangan Perilaku Anak (Usia 3 - 12 Tahun). Jakarta: PT Elex media Komputindo.

5. Apakah tulisan yang pernah diterbitkan di tempat lain bisa dikirim lagi ke Puncak Bukit?

Tidak bisa. Dulu sempat bisa asalkan hak ciptanya masih milik anda, misalnya diterbitkan di blog sendiri, di Facebook dll. Tetapi mesin pencari Google ternyata tidak menyukai hal ini, dia akan menganggap tulisan di Puncak Bukit sebagai plagiat dari tulisan yang pernah terbit sebelumnya, dan ini merugikan Puncak Bukit. Untuk itu, sekarang Puncak Bukit tidak lagi membeli tulisan yang sebelumnya sudah pernah terbit di tempat lain.

6. Apakah setiap tulisan yang dikirim pasti diterima?

Tidak, hanya tulisan yang memenuhi syarat dan berisi konten menarik yang diterima. Tulisan yang dilengkapi gambar atau video menarik biasanya mempunyai kesempatan lebih besar untuk diterima.

7. Apakah perlu mendaftar dulu untuk mengirim tulisan ke Puncak Bukit?

Tidak, untuk mengirim tulisan ke Puncak Bukit tidak diperlukan pendaftaran apa-apa.

8. Bagaimanakah cara mengirim tulisan ke Puncak Bukit?

  • - Tulisan dapat dikirim via email dalam format ".doc", ".docx", ".odt" dan ".rtf".
  • - Satu email untuk satu tulisan. Bila anda mengirim banyak tulisan, kirimkan dalam email masing-masing.
  • - Jadikan judul tulisan sebagai subyek email.
  • - Tambahkan di depan subyek salah satu tema seperti di laman antrian, dengan format "[tema] Subyek".
  • - Gambar/foto dan video dapat diembed langsung di dalam tulisan atau dilampirkan tersendiri.

9. Kapan batas waktu mengirim tulisan ke Puncak Bukit?

Tulisan dapat dikirim kapan saja tidak ada batas waktu.

10. Berapa banyak saya dapat mengirim tulisan ke Puncak Bukit?

Untuk satu hari sebaiknya hanya mengirim maksimal satu tulisan, dengan subyek email sama dengan judul tulisan. Ini akan memudahkan Puncak Bukit dalam memeriksa dan kemungkinan tulisan akan lebih cepat mendapat giliran diperiksa. Lihat juga Antrian.

11. Berapa sering saya dapat mengirim tulisan ke Puncak Bukit?

Setelah tulisan yang anda kirim sebelumnya diterbitkan, anda dapat mengirimkan kembali tulisan anda yang berikutnya. Lihat juga Antrian.

12. Mengapa tulisan yang saya kirim tidak kunjung diterbitkan?

Saat ini dalam satu hari Puncak Bukit menerbitkan maksimal lima tulisan. Ketika banyak tulisan bagus yang masuk maka standar pemeriksaan menjadi lebih ketat, dan ada kemungkinan tulisan anda menjadi turun peringkatnya atau bahkan tidak diterima sama sekali. Lihat juga Tema Pilihan untuk tema yang diprioritaskan, dan Antrian untuk perkiraan waktu tunggu.

Kemungkinan lain adalah, apabila penulis selalu mengirimkan tulisan yang ditolak 3 (tiga) kali secara berturut-turut padahal sudah berulang-kali diperiksa dan diberitahu, maka tulisan berikutnya akan tertolak secara otomatis tanpa diperiksa lagi selama 1 (satu) bulan.

13. Kapan saya tahu tulisan saya diterima atau tidak?

Banyak faktor yang menentukan kecepatan diterima atau tidaknya sebuah tulisan. Untuk proses pemeriksaan persyaratan teknis seperti "menulis sendiri, tidak terlalu singkat/panjang dll". dapat diperiksa dengan cepat dalam satu hari. Tetapi persyaratan non-teknis seperti "menarik dan bermanfaat" memerlukan waktu lama yang tidak bisa ditentukan.

Bila kami menilai tulisan anda benar-benar menarik dan bermanfaat, dalam waktu satu hari sudah bisa diterbitkan. Tetapi bila kami kesulitan dalam menilai apakah tulisan anda menarik dan bermanfaat atau tidak, bisa memerlukan waktu satu atau dua minggu sampai ada keputusan tulisan anda diterima atau ditolak.

14. Kemanakah tulisan harus dikirim?

Silakan kirim tulisan anda ke mba Tina di alamat "tinagusty at gmail dot com".

15. Berapa harga beli setiap tulisan?

Harga beli tulisan saat ini adalah Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah) per tulisan minimal 400 kata. Khusus untuk tema-tema pilihan akan dibeli dengan harga lebih mahal, seperti tercantum di Tema Pilihan.

16. Bagaimanakah cara pembayaran oleh Puncak Bukit?

Pembayaran akan dilakukan via transfer bank oleh Puncak Bukit ke penulis setelah 10 tulisannya diterbitkan. Lebih disukai akun bank Mandiri supaya tidak kena biaya transfer.