Rabu, 30 Mei 2018

Tiga Hal Yang Terikat Waktu, Ilmu, Dan Uang

Sudah terbit di: https://steemit.com/ilmu/@kakibukit/tiga-hal-yang-terikat-waktu-ilmu-dan-uang

Waktu, ilmu, dan uang ketiganya adalah hal yang tidak asing lagi bagi kehidupan kita. waktu dapat berarti bagian dari struktur dasar dari alam semesta, sebuah dimensi di mana peristiwa terjadi secara berurutan. Waktu merupakan suatu dimensi di mana terjadi peristiwa yang dapat dialami dari masa lalu melalui masa kini ke masa depan, dan juga ukuran durasi kejadian dan interval.

coins-1523383_960_720.jpg
Gambar 1. koin

Uang merupakan segala sesuatu yang diterima secara umum oleh masyarakat sebagai alat tukar-menukar atau alat pembayaran yang sah dan keberadaannya diatur undang-undang. 7) mudah dibagi tanpa mengurangi nilai (divisibility) atau terdiri atas berbagai nilai.

Dari semua Pendapat tentang Pengertian Ilmu di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu.

Tapi sadarkah kita bahwa ketiga hal itu saling berkaitan. Jika kita menyia – nyiakan satu hal di antara ketiga hal itu artinya kita juga menyia – nyiakan ketiga – tiganya.

Dimulai dari hal ini di dunia ini semua orang bekerja hanya untuk mendapatkan uang. Dapat disimpulkan bahwa uang adalah salah satu hal yang disukai orang di dunia ini. semua orang menganggap bahwa dengan uang kita bisa memiliki segalanya. Mungkin itulah sebabnya hampir semua orang tergila – gila dengan yang namanya uang. Hampir dari kita semua tidak ingin menyia – nyiakan uang. Karena untuk mendapatkannya membutuhkan pengorbanan diantaranya waktu dan ilmu. Nah, inilah alasan mengapa ketiga hal itu yakni uang, ilmu, dan waktu adalah hal yang saling berkaitan. Menyia- nyiakan salah satu diantaranya berarti menyia –nyiakan yang lain.

Orang yang suka menghambur – hamburkan uang untuk hal – hal yang tidak berguna adalah contoh orang yang menyia – nyiakan uang. Sekalipun orang itu begitu menghargai waktu dengan selalu datang tepat waktu dan menepati janji atau jika orang itu begitu manghargai ilmu dengan memperdalam ilmu pengetahuan yang ia miliki. Tetap saja orang itu tidak menghargai waktu dan ilmu karena untuk mendapatkan satu hal diantara itu ada tiga hal yang harus dilewati.

ilmu perlu waktu untuk uang. Berarti untuk mendapatkan uang kita memerlukan proses. Nah, proses sama halnya dengan waktu. Selain itu untuk mendapatkan uang kita perlu ilmu. Bukan menjadi rahasia lagi bila seseorang yang memiliki ilmu lebih memiliki kesempatan mendapatkan uang lebih banyak.

untuk ilmu kita perlu uang dan waktu. Seseorang yang sedang menuntun ilmu di perguruan tinggi mempunyai waktu minimal empat tahun untuk mendapatkan gelar sarjana. Selain 4 tahun waktu yang dibutuhkan untuk gelar sarjana juga dibutuhkan biaya yang tidak sedikit namun gelar itu juga digunakan untuk mendapatkan uang.

Uang, ilmu, dan waktu adalah tiga hal yang berharga jika anda menghargai salah satunya maka hargai yang lain juga atau anda menghargai satupun diantara ketiganya.

Oleh: Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi gambar :
1. https://pixabay.com/en/coins-currency-investment-insurance-1523383/

Referensi tulisan :
http://kinabipoetra.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-waktu.html
https://ardiyansarutobi.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-uang-sejarah-fungsi-jenis.html
http://pengertianbahasa.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-ilmu.html


Related Posts :