Rabu, 27 Juni 2018

Jangan Jadi Mahasiswa Biasa! Keuntungan Memperoleh Beasiswa

Sudah terbit di: https://steemit.com/beasiswa/@kakibukit/jangan-jadi-mahasiswa-biasa-keuntungan-memperoleh-beasiswa

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa beasiswa hanya ditujukan kepada mahasiswa yang kurang mampu dalam hal perekonomian. Meskipun demikian siapa yang tidak ingin sekolah gratis? Selain itu, pandangan bahwa beasiswa hanya untuk orang kurang mampu adalah pandangan yang salah. Nyatanya beasiswa tidak hanya ditujukan kepada orang - orang yang kurang mampu, tetapi beasiswa dapat diperoleh setelah mampu melewati persyaratan beasiswa yang diberikan.

science-1182713_960_720.jpg
Gambar 1. Beasiswa dan pengetahuan

Ada banyak jenis beasiswa yang tersedia dan dapat kamu sesuaikan dengan kondisi kamu. Mulai dari beasiswa kurang mampu, beasiswa berprestasi, serta beasiswa untuk studi lanjutan seperti S2 dan S3, serta beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Meskipun begitu masih banyak orang yang memilih untuk menempuh pendidikan jalur reguler. Padahal, selain keringanan biaya yang tidak murah kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat lainnya. Ada alasan kenapa mendapatkan beasiswa itu penting, simak ulasannya!

  1. Kesempatan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi
    Dengan beasiswa, kamu mempunyai kesempatan untuk melanjutkan pendidikanmu ke tingkat yang lebih tinggi, hal itu tentunya bisa menunjang karirmu di masa depan. Kamu juga bisa memilih jenis beasiswa seperti apa yang kira-kira bisa menunjang pendidikanmu. Ada tipe beasiswa penuh yang akan membayar seluruh biaya pendidikan dari awal sampai akhir, bahkan memberikan tunjangan setiap bulannya seperti beasiswa LPDP. Ada juga yang hanya membayar sebagian biaya pendidikan, untuk tipe beasiswa seperti ini, sebaiknya kamu bersiap mengumpulkan biaya untuk membayar sisa biaya pendidikannya.

  2. Memperluas jaringan
    Kamu mempunyai peluang untuk memiliki jaringan yang lebih luas. Umumnya, para penerima beasiswa akan saling bertemu dengan penerima beasiswa lain dalam program yang sama. Dengan demikian, kamu akan mempunyai jaringan pertemanan yang berisi orang-orang penerima beasiswa.

    laptop-3087585_960_720.jpg
    Gambar 2. mahasiswa

    Apalagi jika kamu menerima beasiswa ke luar negeri, kamu akan berkenalan dengan banyak penerima beasiswa lainnya yang berasal dari negara lain. Secara tidak langsung, kamu memperluas jaringanmu dengan calon pemimpin atau orang sukses masa depan.

  3. Unggul dalam persaingan pekerjaan
    Jika kamu sudah menjadi salah satu penerima beasiswa, kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dibanding lulusan lain. Mengapa demikian? Ini karena perusahaan percaya bahwa orang-orang yang telah mendapatkan beasiswa, berarti telah lolos beberapa tahapan seleksi yang sulit.

    Ada juga beberapa perusahaan yang menyediakan program beasiswa dan kemudian memudahkan penerima beasiswanya untuk bekerja di perusahaan tersebut, salah satunya program Astra1st dari PT Astra International Tbk.

  4. Motivator penerima beasiswa lainnya
    Jika kamu menjadi salah satu penerima beasiswa, kamu bisa menjadi motivator atau inspirator bagi pelajar yang juga bercita-cita untuk mendapatkan beasiswa. Semua pengalaman, kerja keras, dan hasil yang kamu dapatkan bisa menjadi motivasi bagi orang lain. Selain itu, pengalaman yang kamu dapatkan bisa membantu orang lain untuk diterima dalam aplikasi beasiswa juga. Secara tidak langsung kamu bisa membantu orang lain.

Dengan ulasan tersebut diharapkan kamu menjadi lebih semangat dalam mencari beasiswa demi kelancaran studi masa depan Anda.

Oleh : Call Me
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
https://motivasee.com/cara-mendapatkan-beasiswa-kuliah-gratis-indonesia/
http://idbeasiswa.com/5-keuntungan-mendapat-beasiswa-dari-studi-hingga-masa-depan/

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/science-technology-education-1182713/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/laptop-woman-education-study-young-3087585/


Related Posts :