Rabu, 20 Juni 2018

Mencapai Kesuksesan Finansial Di Usia Muda

Sudah terbit di: https://steemit.com/pekerjaan/@lerengbukit/mencapai-kesuksesan-finansial-di-usia-muda

Umur 20-an adalah usia yang menentukan bagi berbagai tahap kehidupan seseorang. Di usia tersebut kedewasaan sudah mulai terbentuk dengan baik, pilihan-pilihan hidup juga sudah bisa diambil dengan rasional.

model-2614569_960_720.jpg
Gambar 1. Anak muda

Berbagai keputusan besar juga menanti untuk kamu ambil di umur ini, menentukan kemana arah hidupmu akan dibawa. Termasuk keputusan soal uang dan pekerjaan. Agar kamu bisa melewati tahap usia 20an dengan tepat dan cerdas ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam kehidupanmu.

1. Terimalah pekerjaan yang memang tersedia

Kerjakanlah apa yang kamu bisa di umur ini. Jangan terlalu jadi pemilih dalam hal pekerjaan terutama jika ini adalah pekerjaan pertama kamu. Di usia 20-an, beberapa dari kamu pasti sudah punya kesempatan untuk menghasilkan uang sendiri. Entah itu dari pekerjaan paruh waktu atau langsung menjejakkan kaki di dunia kerja purna waktu selepas lulus. Semua pilihan terbentang di depan mata, sampai kadang kamu bingung harus menjalani yang mana.

Ingatlah satu hal pastu bagi kamu yang baru menjajal pekerjaan untuk pertama kalinya, jangan terlalu pilih-pilih. Pekerjaan pertamamu bisa jadi tidak langsung menawarkan penghasilan yang fantastis atau bonus berlimpah. Tapi dari situlah kamu bisa belajar soal usaha dari nol dan etos kerja yang akan membawamu ke kesuksesan.

2. Tetap hidup hemat di tahun - tahun awal setelah kelulusan

Kesalahan terbesar anak muda usia 20-an selepas bisa mendapatkan penghasilan sendiri adalah membelanjakan uang melebihi kemampuannya. Gaji pertama sering membuat anak muda kalap, hingga mengeluarkan uang di atas kemampuan finansial yang dimiliki.

3. Jangan terburu - buru dalam kepemilikan materi

purchase-3113198_960_720.jpg
Gambar 2. Properti

Tunggulah sampai saat dimana kamu kuat dan mapan dalam hal finansial. Tunda dulu keinginan kepemilikan materi sampai kamu benar-benar siap. Setelah dapat gaji pertama, kamu seakan ingin mewujudkan semua keinginan saat itu juga? Semua hal ingin dibeli, berbagai kegiatan ingin dilakukan karena sudah merasa mampu menghasilkan uang sendiri.

Keinginan untuk memiliki berbagai barang dan menjajal berbagai pengalaman tentu sah-sah saja ingin kamu lakukan. Hanya, jangan terlalu terburu-buru. Tunggulah dulu sampai kondisi finansialmu benar-benar stabil untuk melakukannya.


4. Buat Dua Rekening

piggy-bank-2945426_960_720.jpg
Gambar 3. 2 tabungan

Agar tetap bisa menabung gaji buatlah 2 rekening. Rekening pertama adalah untuk pengeluaran rutin, sementara rekening kedua khusus diperuntukkan untuk uang simpanan. Rekening kedua ini tidak boleh kamu otak-atik, tidak peduli apapun keadaannya.

Dengan membagi uang ke dalam 2 rekening berbeda kamu bisa dengan jelas memisahkan uangmu sesuai kebutuhan. Kebutuhan harian dan simpanan tidak akan lagi tercampur-campur dan tertukar.

5. Tunda kepemilikan kartu kredit

Kartu kredit memang menawarkan promo dan berbagai kemudahan yang menggoda. Tapi jika tidak hati-hati, kamu bisa terjebak di lingkaran hutang berbunga tinggi. Ada baiknya kamu menebalkan iman untuk menghindari godaan SPG kartu kredit yang bermulut manis.

Biasakan membayar semua kebutuhan secara tunai. Kalau terpaksa harus pakai kartu, gunakan kartu debet dari rekening yang ditujukan untuk pengeluaran rutin. Dengan cara ini kamu bisa lebih tegas pada diri sendiri untuk mengeluarkan uang sesuai dengan pemasukan yang kamu miliki.

6. Belajar menjadi wirausahawan

Sangat jarang ada orang yang bisa jadi miliuner tapi seumur hidupnya jadi karyawan. Biasanya mereka yang sangat sukses dalam bidang finansial berani mengambil resiko dengan berusaha memulai usaha sendiri. Tidak perlu drastis meninggalkan pekerjaanmu sekarang kalau kamu belum sepenuhnya yakin.

Cobalah memulai usaha di bidang yang kamu minati secara paruh waktu dulu. Toh sekarang banyak kemudahan teknologi yang bisa membantumu. Kamu bisa menjalankan usahamu via online sehingga bisa kamu kerjakan di sela-sela kesibukan pekerjaan kantoranmu. Saat sudah benar-benar menghasilkan, barulah kamu bisa keluar dari pekerjaan rutinmu dan fokus ke bisnis yang ingin kamu rintis.

Dengan beberapa point di atas di harapkan agar para anak muda lebih cermat dan bijak dalam mengelola uang yang mereka miliki.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
https://life.idntimes.com/career/megan/11-cara-mengatur-uang-di-usia-20-an/full
https://www.cermati.com/artikel/7-kebiasaan-mengatur-keuangan-yang-salah-pada-usia-20-an

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/model-time-women-s-fiction-2614569/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/purchase-home-house-purchase-3113198/
Gambar 3. https://pixabay.com/en/piggy-bank-save-money-finance-2945426/


Related Posts :