Rabu, 20 Juni 2018

Rumah Batik Surabaya

Sudah terbit di: https://steemit.com/batik/@puncakbukit/rumah-batik-surabaya

Rumah Batik terbesar di Surabaya berlokasi di Jalan Tambak Dukuh, I No. 4 RT.01 RW.09 Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya ini, memiliki koleksi batik sekitar 2.000 lembar lebih dengan corak dan motif yang berbeda - beda dan berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Rumah Batik ini pernah populer dan sukses mendapatkan rekor batik dengan logo “ Surabaya Terbesar “.

Rumah Batik Surabaya menyimpan beragam keanekaragaman corak dan motif dalam masing – masing produk batik yang ditawarkan. Di sepanjang tahun banyak dikunjungi oleh turis asing yang senang dan menghargai batik Nusantara sebagai karya yang istimewa. Rumah Batik ini buka pada hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 - 20.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu - Minggu buka mulai pukul 08.00 - 19.00 WIB.

Koleksi batik didatangkan dari 16 kabupaten yang masing – masing kabupaten memiliki ragam dan corak tersendiri pada setiap daerahnya. 16 Kabupaten tersebut adalah Batik Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Malang, Batu, Jombang, Kediri, Pacitan, Banyuwangi, Jember, dan Tulungagung.

Batik, Indonesian, People, Silhouette, Woman, African
Gambar : ikon populer rumah batik Surabaya

Rumah Batik Surabaya didirikan atas inisiatif pengrajin batik asal Kota Pamekasan, Madura, yang bernama Faiqah Ismail. Diresmikan pada tahun 2004, beliau memanfaatkan rumah pribadinya untuk bisa dikunjungi oleh siapa saja yang hendak berbelanja atau cuma sekedar jalan – jalan berlibur untuk melihat - lihat koleksi batiknya yang sebagian besar berasal dari berbagai daerah di sebagian besar kota – kota di Jawa Timur.

Anda bisa menyaksikan hampir 2.000 lembar batik dengan beragam corak dan motif. Ada juga koleksi sarung batik dan busana batik siap pakai. Kian tahun, semakin banyak tersimpan koleksi yang banyak disukai oleh pengunjung yang mampir ke rumah batik ini terutama pada akhir pekan, sekarang berlokasi di Jalan Margorejo No. 143, Kota Surabaya. Para pengunjung boleh melihat – lihat saja beragam motif batik dari masing - masing wilayah di Jawa Timur juga membeli batik - batik tersebut secara retail atau grosir. Pembelian bisa memesan batik, misalnya batik cap atau batik lukis yang digunakan untuk instansi. Pada hari – hari tertentu, di rumah batik ini anda bisa melihat dan belajar proses pembuatan batik melalui kursus dengan cara melakukan interaksi secara langsung. Anda bisa memanfaatkan workshop yang dilaksanakan setiap hari mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB dengan jam istirahat pukul 12.00 – 13.00 WIB. Biaya masuk adalah gratis.

Rekor MURI pernah sukses diraih oleh grup dari rumah batik Surabaya ini karena berhasil menciptakan batik logo “ Kota Surabaya Terbesar “. Kesuksesan ini diraih karena mereka aktif dalam mengikuti beragam pameran mulai tingkat regional maupun nasional dalam rangka mempopulerkan kain batik khas Jawa Timur.

Nah, apabila anda sedang berjalan - jalan untuk liburan ke Kota Surabaya, maka mampirlah ke rumah batik Surabaya untuk melihat koleksi keanekaragaman warisan leluhur dimana batik sejak dulu telah menjadi ikon Indonesia. Batik adalah warisan tradisional yang mengandung nilai seni terhadap budaya daerah – daerah Nusantara yang memiliki nilai sangat berharga dan menjadi ikon identik dari Indonesia. Setiap daerah memiliki kekhasan dari masing - masing batik yang diciptakan dan diharapkan mampu melambangkan karakteristik dari masing - masing suku di Indonesia yang mengacu pada keanekaragaman.

Anda bisa mendapatkan banyak hal yang dilukiskan melalui selembar batik, karena bisa menunjukkan sebuah cerita melegenda di tengah masyarakat Indonesia terutama kisah – kisah zaman dulu yang hingga saat ini masih dilantunkan oleh kakek – nenek kita sebagai dongeng pengantar tidur. Saat ini batik tidak hanya diperuntukkan sebagai kain saja, juga sudah memiliki nilai modernisasi untuk bisa diterapkan pada perkakas rumah tangga bahkan pada interior rumah. Bagi anda yang tertarik dan ingin berkenalan lebih dalam dengan batik Jawa Timur, maka kunjungi Rumah Batik Surabaya.

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar : https://pixabay.com/en/batik-indonesian-people-silhouette-146236/


Related Posts :