Selasa, 31 Juli 2018

Cerdas Mengelola Uang! Tips Menghabiskan Uang Dengan Cara Yang Bermanfaat

Sudah terbit di: https://steemit.com/uang/@lerengbukit/cerdas-mengelola-uang-tips-menghabiskan-uang-dengan-cara-yang-bermanfaat?sort=trending

Uang adalah masalah yang pelik untuk dibahas. Secara sadar atau tidak kamu selalu kehabisan uang bulanan (gaji) yang tidak kamu ketahui kemana perginya. Nah, kejadian ini sangat mungkin terjadi karena kamu belum dapat mengatur keuanganmu dengan baik.

Kebiasaan menghamburkan uang secara percuma seperti membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan hanyalah sebuah tindakan yang berujung pada penyesalan. Bukanlah hal yang salah jika kamu menghasilkan uang hasil jerih payah kamu sendiri akan tetapi, akan lebih bijaksana jika kamu mau menggunakan uang untuk sesuatu yang lebih berguna. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk sesuatu yang lebih berguna dan pastinya tidak akan kamu sesali.

coins-1726618_960_720.jpg
Gambar 1. Uang

Berlibur menghabiskan masa liburan

christmas-2971962_960_720.jpg
Gambar 2. Berlibur

Kamu bisa memilih untuk menghabiskan uang dengan cara berlibur. Berlibur dengan bepergian ke suatu tempat akan membuat kenangan yang lebih berkesan. Memori jangka panjang yang tak akan mudah dilupakan, menjadikan hidup kamu lebih berwarna dan membuat kamu banyak belajar menjadi lebih dewasa.

Kesehatan adalah hal utama untuk itu tidak ada salahnya menginvestasikan danamu

Kesehatan tentulah yang paling utama dalam hidup. Jangan sampai uang yang telah kamu kumpulkan dengan susah payah justru habis untuk berobat. Buat kamu yang merasa malas dan tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga sendirian. Jangan ragu untuk menginvestasikannya ke tempat gym atau pelatihan olahraga lain yang kamu sukai. Hal tersebut akan membuatmu semangat, karena tersedia fasilitas yang cukup, trainer dan tentunya orang-orang yang memiliki visi yang sama dengan kamu.

Gunakan uangmu untuk meng-upgrade barang yang kamu miliki

Coba cek lagi barang-barang yang kamu miliki. Sudah berapa tahunkah hp dan komputer jadulmu? yang mungkin saat ini sudah tak berfungsi dengan maksimal. Tidak ada salahnya mengupgrade benda-benda yang kamu butuhkan sehari-hari, jika bisa membuat hidup kamu jadi lebih efisien dan efektif. Atau mungkin jika kamu ingin menambah barang baru seperti kendaraan atau kamera yang lebih profesional untuk menunjang karir dan pekerjaan yang kamu lakukan.

Berbagi dengan orang lain

poor-2489481_960_720.jpg
Gambar 3. pengemis

Menyenangkan diri sendiri itu boleh, namun bukankah dapat menyenangkan orang lain adalah perbuatan yang baik? Sesekali berbagi kesenangan dengan orang lain tidak ada salahnya. Sekadar memberi hadiah kecil seperti coklat kepada teman, mengajak makan malam keluarga atau hal kecil lainnya akan memberikan rasa kepuasan terhadap diri sendiri. Apalagi jika kamu mau menyisihkan untuk membantu orang yang kurang mampu.

Investasi Jangka Panjang

Saat membicarakan tentang uang, tentunya tidak ada yang lebih baik dari menginvestasikannya untuk kebutuhan jangka panjang. Misalnya investasi dalam bentuk saham, asuransi, properti, perhiasan, ataupun deposito. Hal ini untuk menghindari kamu dari kemungkinan terjadi hal-hal tidak diinginkan yang nantinya akan menguras seluruh uang yang kamu miliki. Tentunya dengan persiapan yang matang, kita juga harus bisa memilah baik dan buruknya untuk mulai berinvestasi jangka panjang.

Nah, itulah tips dan cara menghabiskan uang dengan cara yang bermanfaat, semoga bermanfaat.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
  • https://www.cermati.com/artikel/5-hal-yang-perlu-dan-tidak-perlu-dihemat
  • https://id.wikihow.com/Bijaksana-Menghabiskan-Uang
  • https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/3301824/5-tips-cara-habiskan-uang-dengan-benar
Referensi gambar :
  • Gambar 1. https://pixabay.com/en/coins-banknotes-money-currency-1726618/
  • Gambar 2. https://pixabay.com/en/christmas-lights-snow-2971962/
  • Gambar 3. https://pixabay.com/en/poor-beggar-ethics-2489481/


Related Posts :