Rabu, 04 Juli 2018

Mengenal Keindahan Ikan Kepe-Kepe

Sudah terbit di: https://steemit.com/kepe-kepe/@kakibukit/mengenal-keindahan-ikan-kepe-kepe

Bila ditanyakan tentang ikan Kepe-Kepe mungkin tidak banyak dari para pembaca yang mengenal ataupun pernah melihatnya. Hal ini terasa wajar sebab ikan Kepe-Kepe termasuk jenis ikan hias air asin yang tidak umum dipelihara para pecinta ikan hias. Ciri fisiknya pun tergolong cukup indah dengan corak warna yang mencolok dan ukuran tubuh yang tidak terlalu besar. Selain itu, habitat yang menjadi rumahnya hanya terdapat di kawasan terumbu karang yang masih dalam kondisi terawat atau sehat. Untuk itu pada tulisan ini coba menguliknya lebih dalam lagi agar kita semakin mengenalnya.

Ikan Kepe-Kepe merupakan jenis ikan hias air asin yang berasal dari keluarga Chaetodontiade dengan bentuk tubuh pipih yang agak lebar. Jenis ikan Kepe-Kepe tergolong cukup banyak hingga mencapai 120 spesies dengan ciri fisik yang tidak terlalu berbeda. Secara umum ukuran tubuhnya tampak kecil dengan panjang berkisar antara 12 sampai 22 cm saja. Mulutnya berukuran sedang dengan bentuk yang agak runcing dan memiliki gigi cukup rapat yang mirip sikat. Sirip di bagian atas punggungnya berukuran agak lebar yang membentang hingga mencapai area pangkal ekornya. Pada area dekat bawah perutnya terdapat sepasang sirip yang berukuran agak panjang dan tidak terlalu lebar. Di Bagian belakang sampai mendekati pangkal ekor terdapat sirip yang berukuran sedang dan tampak cukup lebar. Ekornya berukuran pendek yang cukup lebar dengan bentuk mirip kipas yang sedang dikibaskan.

File:Chaetodon lunula in Kona 2008.jpg
Gambar: Salah satu jenis ikan Kepe-Kepe

Disamping itu juga, mata ikan Kepe-Kepe berukuran agak besar dengan bentuk bulat dan terletak sedikit berjarak dari mulutnya. Corak warna di tiap jenisnya umumnya cukup mencolok dengan warna yang bervariasi atau setidaknya terdiri dari tiga sampai lima jenis warna. Umumnya jenis warna yang tampak pada ikan Kepe-Kepe seperti warna hitam, kuning, putih, hijau, oranye, biru muda, cokelat, dan abu-abu. Pola warna nya pun cukup bervariasi mulai dari bintik-bintik di sekujur badan, garis-garis tebal secara horizontal dan vertikal, dan garis belang.

Keberadaan ikan Kepe-Kepe di lautan biasanya terdapat di perairan dangkal yang ada terumbu karangnya. Di terumbu karang tersebut biasanya ikan bertubuh pipih ini akan hidup berkelompok dengan sesama spesiesnya. Selain itu juga, area terumbu karang itu pun akan menjadi rumah bagi kawanan untuk bersembunyi dan sekaligus tempat mencari makan di sela-sela koral terumbu karangnya. Penyebaran ikan Kepe-Kepe secara global terdapat di samudera Pasifik, Hindia, dan Atlantik yang kualitas terumbu karangnya cukup sehat. Dan juga, di Indonesia keberadaannya tersebar merata mulai dari Sabang sampai Marauke.

Kehidupan ikan Kepe-Kepe di area terumbu karang biasanya aktif bergerak di siang hari dengan mencari makanan di balik celah batu karang berupa zooplankton, polip, dan anemon. Sedangkan mereka akan pergi bersembunyi diantara terumbu karang saat malam tiba untuk menjauh dari jangkauan predator. Pada masa musim kawin tiba maka kawanan ikan Kepe-Kepe akan membentuk pasangannya sendiri. Telur yang dihasilkan berjumlah ratusan bahkan ribuan yang dibiarkan mengambang dan melayang di sekitar terumbu karang sampai nantinya menetas.

Selain itu juga, ikan Kepe-Kepe memiliki beragam jenis nama yang berbeda-beda di setiap daerah dan negara. Nama-nama yang umumnya disematkan kepadanya seperti ikan Kupu-kupu, ikan Daun-daun, ikan Butterflyfishes, ikan Bannerfishes, dan Coralfishes. Selain itu, ikan berbentuk pipih ini diketahui keberadaannya sangat dipengaruhi oleh kondisi terumbu karang yang menjadi habitatnya. Biasanya jumlah ikan Kepe-Kepe tampak melimpah hanya di terumbu karang yang berukuran cukup luas dan sehat. Karenanya sangat tidak dianjurkan untuk memeliharanya dalam akuarium disebabkan sifat ketergantungan yang tak bisa jauh dari area terumbu karang. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik dengan ikan Kepe-kepe maka bisa pergi berlibur ke daerah pesisir di Indonesia yang memiliki terumbu karang yang sehat. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://www.semuaikan.com/morfologi-dan-klasifikasi-ikan-kepe-kepe-chaetodon-lunula/
http://www.greeners.co/flora-fauna/butterflyfish-ikan-indikator-kesehatan-terumbu-karang/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kepe-kepe

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Chaetodon_lunula_in_Kona_2008.jpg


Related Posts :