Minggu, 08 Juli 2018

Mengenal Lebih Dekat Ikan Baronang

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikan/@kakibukit/mengenal-lebih-dekat-ikan-baronang

Berbicara tentang ikan Baronang mungkin ada sebagian dari para pembaca yang sudah mengenal ataupun pernah melihatnya. Hal ini dirasa wajar sebab keberadaannya cukup banyak terdapat di perairan laut kita. Selain itu juga, jenis Baronang pun lumayan sering ikut tertangkap jaring nelayan dan menjadi salah satu ikan favorit yang dinanti para pemancing di area laut. Hanya saja, ikan bertubuh pipih ini bukanlah termasuk jenis ikan hias yang banyak dipelihara orang-orang tapi corak warnanya juga tergolong bervariasi dan tampak indah. Untuk itu pada tulisan ini coba menguliknya lebih jauh lagi agar semakin banyak yang mengenal ikan Baronang.

Ikan Baronang merupakan jenis ikan air asin yang mendiami perairan laut dangkal yang tersebar di wilayah Indo-Pasifik dan area timur Laut Tengah. Area perairan dangkal yang menjadi habitatnya tidak hanya terdapat di sekitaran terumbu karang tapi juga tersebar di kawasan hutan mangrove atau bakau dan pelabuhan yang umumnya cukup sering terpapar sinar matahari. Selain itu, penyebarannya di area laut Indonesia terdapat di berbagai daerah dengan penyebutan nama yang berbeda-beda mulai dari ikan Kea-kea, Biawas, dan ikan Samadar.

File:Siganus javus.jpg
Gambar: Salah satu jenis ikan Baronang

Disamping itu, jenis ikan Baronang yang terdapat di perairan laut kita terdiri dari beragam jenis yang meliputi ikan Baronang Susu, Baronang Lada, Baronang Angin, Baronang Tompel, Baronang Batik, Baronang Kunyit, dan Baronang Kalung. Ciri fisik antara jenis ikan Baronang yang cukup beragam tidak terlalu berbeda jauh. Secara umum ukuran tubuhnya berkisar antara 20 sampai 45 cm saja. Tubuhnya berbentuk pipih yang memanjang dengan ada kemiripan seperti ikan Gurami ataupun Nila. Pada bagian atas tubuhnya terdapat sirip berduri yang dapat ditegakkan dan terbentang mulai dari punggung sampai pangkal ekornya. Di Bagian area perut dekat insang terdapat sepasang sirip yang berukuran kecil yang tidak terlalu lebar. Di area belakang perut juga terdapat sirip berduri yang berukuran sedang dan terbentang hingga mencapai area pangkal ekornya. Lalu ekornya berukuran sedang dengan bentuk hampir senjata bumerang.

Ciri lainnya yang perlu diketahui dari ikan Baronang memiliki mata yang berukuran sedang dan berbentuk bulat. Mulutnya berukuran sedang yang dilengkapi dengan rahang bergigi kecil. Disekujur tubuhnya dipenuhi oleh sisik yang agak tebal dan terlihat jelas saat berada dengan jarak yang agak dekat. Corak warna nya pun cukup beragam mulai dari kuning keemasan, putih, hitam, dan kecokelatan. Selain itu, pola warna nya di tiap jenisnya pun juga berbeda seperti pola garis bergelombang secara horizontal, bintik-bintik oval, dan garis-garis agak tebal. Hanya saja, yang perlu diwaspadai dari ikan Baronang ialah bisa atau racun yang terdapat di bagian sirip atas dan bawahnya. Bisa atau racun tersebut tidak sampai menyebabkan kematian tapi dampaknya cukup untuk menyebabkan sakit parah.

Kehidupan ikan berbadan pipih ini di area laut biasanya bergerak dalam kelompok kecil untuk mencari makanan di area terumbu karang. Jenis makanan yang disantapnya berupa tumbuh-tumbuhan rumput laut. Hanya saja, bekas tumbuhan rumput laut yang dimakannya tetap dalam kondisi rapi mirip seperti rumput yang dipotong menggunakan mesin. Selain itu, ikan Baronang juga menjadi ikan konsumsi yang terkadang ada di pasar tradisional dan disajikan dalam menu di restoran.

Nah, demikianlah penjelasan seputar ikan Baronang yang merupakan salah satu jenis ikan yang umumnya disantap orang-orang tapi memiliki corak warna cukup indah. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ikan Baronang tentunya hanya bisa melihatnya berenang bebas di kawasan terumbu karang. Akan tetapi perlu diketahui agar jangan sampai menyentuh area sirip punggungnya yang terdapat kandungan racun di dalamnya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Baronang
http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-ikan-baronang-siganus-canaliculatus/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Siganus_javus.jpg


Related Posts :