Senin, 16 Juli 2018

Mengenal Lebih Dekat Ikan Red Nose Tetra

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@lerengbukit/mengenal-lebih-dekat-ikan-red-nose-tetra

Jenis ikan Tetra termasuk dari sederet ragam jenis ikan hias yang cukup banyak digemari orang-orang di berbagai negara termasuk Indonesia. Kegemaran orang-orang dalam memelihara jenis ikan Tetra dikarenakan corak warnanya yang bervariasi dan ukuran tubuhnya yang cukup kecil. Selain itu, jenis ikan Tetra pun juga mampu hidup bersama dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Untuk itu pada tulisan ini coba ngulik salah satu jenis ikan Tetra yang corak warnanya tidak kalah menarik dibandingkan jenis ikan hias lainnya. Adapun namanya adalah ikan Red Nose Tetra.

Ikan Red Nose Tetra merupakan salah satu dari puluhan jenis ikan Tetra yang habitat aslinya berada di bagian Amerika Selatan. Di habitat aslinya biasanya menghuni perairan tawar yang kadar suhu airnya berada di bawah dari 30 derajat Celcius. Area perairan tawar yang ditinggalinya memiliki tanaman berdaun yang lembut untuk dijadikan tempat berlindung dari ikan predator. Selain itu, saat mencari makanan seringnya dilakukan secara berkelompok dengan jumlah yang besar hingga mencapai puluhan ekor.

File:Hemigrammus bleheri2.JPG
Gambar: Jenis Ikan Red Nose Tetra

Ciri fisik ikan yang bernama latin Hemigrammus Bleheri ini memiliki ukuran tubuh yang terlampau kecil dengan panjang hanya sekitar 5 sampai 6 cm saja. Walaupun ukuran tubuhnya tergolong mungil atau kecil tapi harapan hidupnya dapat mencapai usia lima tahun. Pada bagian kepala sampai area dekat insang tampak berwarna merah tua yang mencolok. Di Bagian area atas badan sampai ke batas pangkal ekornya tampak berwarna kuning keemasan bercampur biru laut. Area dibagian bawah badannya sampai ke batas pangkal ekor terlihat berwarna putih perak yang agak transparan. Lalu ekornya berwarna hitam dan putih dengan corak belang mirip warna hewan Zebra.

Disamping itu juga, pada bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang berukuran sedang dan tidak terlalu lebar. Di Bagian belakang insangnya terdapat sirip utama yang dipakai untuk berenang. Lalu di area bawah dekat ekornya juga terdapat sirip yang berukuran sedang dan tidak terlalu lebar. Mulutnya berukuran kecil yang letaknya sejajar dan tidak terlalu jauh dari matanya yang berwarna hitam. Selain itu juga, diseluruh area badannya tampak memiliki sisik yang berukuran sedang dan terlihat jelas saat terpapar cahaya lampu.

Dalam memelihara ikan Red Nose Tetra perlu diperhatikan agar menaruhnya dalam akuarium yang berukuran sedang. Jumlah ikan Red Nose Tetra yang dapat dipelihara sebaiknya berjumlah di atas enam ekor yang dikarenakan kebiasaan hidupnya di alam liar yang berkelompok. Jenis pakan yang diberikan kepada ikan mungil ini pun cukup beragam mulai dari pelet, cacing beku, dan jenis pakan buatan lainnya. Selain itu, akuarium yang menjadi rumahnya juga perlu dipermak dengan menaruh tanaman hidup dan bebatuan yang berukuran kecil. Hal ini dimaksudkan agar kawanan ikan Red Nose Tetra dapat bergerak secara leluasa dan lincah.

Nah, demikianlah penjelasan seputar ikan Red Nose Tetra yang termasuk jenis ikan hias mungil dengan corak warna yang indah. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ikan Red Nose Tetra maka dapat mencarinya di pasar ikan hias yang berada di sekitar tempat tinggal Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://www.ilmuhewan.com/cara-dan-teknik-budidaya-ikan-red-nose-untuk-pemula/
http://www.alamikan.com/2016/09/ikan-hias-red-nose-tetra.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Hemigrammus_bleheri2.JPG


Related Posts :