Kamis, 26 Juli 2018

Mengulik Keindahan Ikan Bleeding Heart Tetra

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@lerengbukit/untuk-tiga-cabang-olahraga-asian-games-atlet-korsel-bergabung-dengan-atlet-korut?sort=new

Bila ditanyakan tentang ikan Bleeding Heart Tetra mungkin belum banyak dari para pembaca sekalian yang mengenal ataupun memeliharanya. Hal ini terasa wajar sebab jenis ikan Bleeding Heart Tetra tidak terlalu populer dibandingkan jenis ikan Tetra lainnya. Walaupun demikian, corak warna ikan Bleeding Heart Tetra juga terlihat indah dengan warna yang bervariasi. Selain itu, cara memelihara ikan mungil ini juga tergolong sama mudahnya seperti merawat jenis ikan Tetra lainnya. Untuk itu pada tulisan ini coba menguliknya lebih jauh lagi agar semakin banyak yang mengenalnya.

Ikan Bleeding Heart Tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Amazon yang melintasi negara Peru. Di habitat aslinya biasanya berada di area sungai yang agak gelap dengan tutupi banyak tumbuh-tumbuhan. Saat mencari makanan dilakukan secara berkelompok dengan jumlah sekitar enam ekor. Selain itu, jenis makanan yang disantapnya umumnya berupa serangga kecil dan larvanya yang banyak terdapat disekitar pinggir atau tepian sungai.


Gambar: Jenis Ikan Bleeding Heart Tetra

Hyphessobrycon Erythrostigma yang menjadi nama latin ikan Bleeding Heart Tetra diketahui memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang maksimal hanya sekitar 8 cm saja. Walaupun ukuran tubuhnya tergolong mungil tapi jangka waktu hidupnya bisa mencapai sekitar 5 sampai 6 tahun. Tubuhnya berbentuk agak pipih yang terlihat memanjang. Mulutnya berukuran kecil yang letaknya tidak jauh dari matanya yang agak besar. Pada bagian atas punggungnya terdapat sirip yang berukuran cukup panjang dan tidak terlalu lebar. Di Bagian bawah badannya dekat perut juga terlihat sirip yang berukuran sedang dan agak lebar hingga mencapai pangkal ekornya. Ekornya memiliki bentuk mirip senjata bumerang yang berukuran sedang.

Disamping itu juga, corak warna yang menutupi area tubuhnya terdiri dari dua jenis warna yakni merah dan merah muda. Warna merah terlihat di bagian atas kepala dan area atas punggung tengah sampai pangkal ekornya. Warna merah muda tampak menutupi di area punggung atas, sisi bawah wajah, perut, badan, hingga sampai ke pangkal ekornya. Sirip bagian atasnya berwarna merah muda di area pangkal dan warna hitam di area atasnya. Sirip di bagian bawah tubuhnya berwarna putih transparan yang agak kebiruan. Lalu ekornya juga berwarna putih transparan yang berwarna agak kebiruan.

Selain itu, jenis ikan Bleeding Heart Tetra tergolong tidak terlalu rumit dalam perawatan hariannya. Sebelum dipelihara ada baiknya menyiapkan akuarium yang berukuran sedang dengan memasukkan air yang kadar pH nya sekitar 6 dan suhunya sekitar 26 derajat Celcius. Akuarium yang dijadikan tempat tinggalnya pun perlu dilengkapi dengan tanaman hias hidup yang membuat pemandangan cahaya menjadi agak redup. Jenis makanan yang bisa diberikan pun cukup beragam mulai dari pelet, cacing beku, dan udang beku. Hanya saja, sebaiknya jumlah ikan Bleeding Heart Tetra yang dipelihara dalam akuarium sekitar enam ekor atau lebih.

Nah, begitulah penjelasan seputar ikan Bleeding Heart Tetra yang perawakannya tidak kalah cantik dan indah dibanding jenis ikan Tetra lainnya. Selain itu, karakternya pun dikenal cukup bersahabat dan mampu hidup berdampingan dengan jenis ikan lainnya yang memiliki karakter serupa. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan Bleeding Heart Tetra maka tak ada salahnya mencarinya di pasar ikan hias yang ada di wilayah sekitar kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
  • http://jurnalaquascape.com/portfolio/bleeding-heart-tetra/
  • http://akuariumhiasku.blogspot.co.id/2014/07/ikan-bleeding-heart-tetra.html

Sumber Gambar:
  • https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a9/Kirschflecksalmler-M.jpg


Related Posts :