Senin, 20 Agustus 2018

Electric Blue Hap, Si Ikan Hias Predator dari Danau Malawi

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@lerengbukit/electric-blue-hap-si-ikan-hias-predator-dari-danau-malawi

Danau Malawi yang berada di Benua Afrika tidak hanya dikenal sebagai danau terbesar ke delapan di dunia tapi juga menjadi surga bagi puluhan jenis ikan hias yang banyak dipelihara orang-orang di berbagai negara termasuk Indonesia. Jenis ikan hias yang berasal dari danau Malawi memiliki ciri fisik unik dan corak warna yang indah. Untuk itu pada tulisan ini coba mengenalkan salah satu jenis ikan hias dari danau Malawi kepada para pembaca sekalian. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Electric Blue Hap.

Ikan Electric Blue Hap merupakan salah satu jenis ikan Cichlid yang terkenal sebagai ikan predator yang cukup agresif. Ukuran tubuhnya tergolong sedang dengan panjang hanya sekitar 20 cm saja. Tubuhnya berbentuk memanjang dengan bagian mulut dan matanya yang berukuran besar. Pada bagian atas punggungnya terdapat sirip berduri yang tegak dan terbentang hingga mencapai area pangkal ekornya. Di Bagian bawah insang dekat pangkal perutnya juga terdapat sirip yang agak panjang dan tidak terlalu lebar. Di area bawah perut juga terdapat sirip yang berukuran agak panjang hingga hampir menyentuh bagian pangkal ekornya. Lalu ekornya berukuran sedang berukuran sedang dan agak lebar dengan bentuk mirip kipas.


Gambar: jenis ikan Electric Blue Hap

Corak warna yang menutupi area tubuh ikan Electric Blue Hap didominasi dengan warna biru tua yang mengkilap. Warna biru tua mengkilap tersebut tampak di seluruh area tubuh mulai dari kepala, badan, perut, sirip atas, dan pangkal ekornya. Tapi area badannya terlihat ada garis-garis vertikal berwarna hitam kebiruan yang mencolok. Selain itu warna biru ada juga warna kuning keemasan yang bercampur cokelat yang menutupi area ujung sirip atas, sirip bawah, dan area ekornya.

Kehidupan ikan yang bernama latin Sciaenochromis Fryeri ini di danau Malawi umumnya tersebar mulai dari kedalaman 10 sampai 40 meter dengan air yang berpasir dan berbatu. Kondisi air di danau Malawi yang ditinggali ikan predator ini tampak bersih dan jernih dengan suhu sekitar 24 sampai 28 derajat Celcius. Jenis makanan yang umumnya disantapnya di perairan danau tergolong cukup beragam mulai dari udang kecil, moluska, dan ikan yang berukuran lebih kecil dari nya.

Sewaktu memelihara ikan Electric Blue Hap perlu menyiapkan akuarium yang berukuran sedang sampai besar. Air yang ditaruh dalam akuarium tentunya yang jernih dan dilengkapi dengan alat penyaring air. Akuarium juga perlu dihiasi dengan tanaman air, batang kayu, dan batu-batu kecil. Lampu yang dipakai untuk menerangi akuarium sebaiknya yang tidak terlalu terang dan agak sedikit gelap agar warna ikan Electric Blue Hap terlihat semakin indah dan mengkilap. Jenis makanan yang diberikan juga bisa berupa pelet, cacing beku, dan udang beku. Hanya saja, mengingat sifatnya yang agresif maka ada baiknya tidak menyatukannya dengan ikan lain dan mencampurnya bersama ikan sejenis yang ukuran fisiknya serupa.

Nah, demikianlah penjelasan seputar ikan Electric Blue Hap yang menjadi ikan hias endemik dari danau Malawi di Benua Afrika. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ikan Electric Blue Hap maka dapat membelinya di pasar ikan hias untuk dijadikan ikan peliharaan agar memperindah interior rumah. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
  • http://www.cjaquatic.com/2017/07/electric-blue-sciaenochromis-fryeri.html
  • http://ikanhias-id.blogspot.co.id/2015/03/electric-blue-hap-sciaenochromis-fryeri.html
Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c8/Fryeri6.jpg


Related Posts :