Rabu, 29 Agustus 2018

Mengenal Keindahan Ikan Lele Kaca

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@lerengbukit/mengenal-keindahan-ikan-lele-kaca

Jenis ikan Lele termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang sudah umum dikenal orang-orang di banyak negara tanpa terkecuali Indonesia. Umumnya orang-orang yang mengenal jenis ikan Lele dikarenakan cukup sering dikonsumsi dengan dijadikan beragam jenis makanan. Hanya saja, ada beberapa jenis ikan Lele yang malah dijadikan sebagai ikan peliharaan dalam akuarium. Hal ini dikarenakan bentuk fisiknya yang unik dan corak warnanya yang lumayan indah. Untuk itu pada tulisan ini coba mengulik salah satu jenis ikan Lele yang termasuk ke dalam jenis ikan hias. Adapun namanya adalah ikan Lele Kaca.

Ikan Lele Kaca merupakan salah satu jenis ikan Lele yang berasal dari keluarga Siluridae. Keberadaannya diketahui hanya berada di perairan tawar Thailand dengan daerah persebaran terdapat di selatan Tanah Genting Kra, Teluk Thailand, dan Pegunungan Cardamom. Hanya saja, di berbagai negara seperti Malaysia dan Indonesia diketahui juga memiliki spesies yang mirip tapi belum terkonfirmasi dan sangat jarang terlihat di pasar ikan hias. Di perairan tawar yang menjadi habitatnya biasanya di sungai-sungai yang kualitas airnya cukup jernih dan ditumbuhi oleh tanaman air sehingga tidak terlalu terpapar cahaya matahari.

File:Kryptopterus vitreolus (Cologne Zoo) 2.jpg
Gambar: Ikan Lele Kaca

Kryptoprerus Vitreolus yang menjadi nama latin ikan Lele Kaca memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil dengan panjang hanya sekitar 8 cm saja. Tubuhnya berbentuk memanjang dengan agak pipih di area badan sampai pangkal ekornya. Tubuh ikan Lele Kaca terlihat seperti kaca yang transparan atau tembus pandang dan membuat bagian organ dalam nya dapat terlihat jelas oleh mata kita. Dibagian atas punggungnya tidak ditumbuhi sirip seperti pada jenis ikan Lele lainnya. Di area bawah tubuhnya baru terdapat sirip lentur yang berukuran sedang dan terbentang hingga mencapai bagian pangkal ekornya. Lalu ekornya berukuran sedang dan berbentuk mirip senjata bumerang.

Disamping itu juga, ikan Lele Kaca mempunyai mata berwarna hitam yang berukuran sedang dan mulut yang berukuran kecil. Dibagian atas mulutnya terdapat sungut atau semacam kumis yang berukuran agak panjang dan hanya berjumlah dua saja. Corak warna yang menutupi hampir seluruh tubuhnya tampak berwarna putih bening. Warna putih bening tersebut terlihat di bagian pangkal badan sampai dengan ekornya. Pada bagian dalam badannya terdapat tulang dan duri berwarna putih susu dan begaris hitam yang halus. Corak transparan yang dimiliki ikan Lele Kaca terlihat semakin indah saat terpapar cahaya lampu yang mampu memunculkan warna pelangi.

Adapun bagi Anda yang ingin memelihara ikan Lele Kaca tentunya dapat menyediakan akuarium yang berukuran sedang. Kualitas air yang ditaruh dalam akuarium juga mesti yang bersih atau jernih dengan suhu berkisar 25 derajat Celcius dan pH nya sekitar 6.5. Akuarium juga perlu dilengkapi dengan tanaman air yang hidup, kayu, dan bebatuan kecil agar membuatnya dapat berenang secara leluasa serta bersembunyi dari paparan cahaya lampu. Selain itu, jenis makanan yang bisa diberikan juga cukup beragam seperti pelet, cacing beku, jentik nyamuk, dan kutu air.

Nah, demikianlah penjelasan seputar ikan Lele Kaca yang badannya terlihat tembus pandang dengan corak warna yang indah. Untuk itu dengan membaca artikel ini sampai tuntas kiranya dapat menambah wawasan kita terkait ragam jenis ikan hias yang jarang dipelihara orang-orang. Karenanya bagi Anda yang tertarik dengan ikan hias Lele Kaca mungkin dapat mencarinya di pasar ikan hias yang berada di wilayah kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
  1. http://www.majalahikan.com/2016/10/ikan-lele-kaca-yuk-lihat-keindahan-dan.html
  2. https://www.infoikan.com/2016/10/ikan-lele-kaca-dan-cara-merawatnya.html
Sumber Gambar:
  1. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Kryptopterus_vitreolus_(Cologne_Zoo)_2.jpg


Related Posts :