Kamis, 09 Agustus 2018

Semangat Belajar Menentukan Prestasi! Tips Cerdas Semangat Sekolah

Sudah terbit di: https://steemit.com/pelajar/@lerengbukit/semangat-belajar-menentukan-prestasi-tips-cerdas-semangat-sekolah

Sekolah sudah menjadi hal yang wajib ditempuh semua orang sesuai dengan usianya, terutama di zaman serba modern seperti sekolah. Sekolah adalah sebuah kewajiban demi mengejar kemampuan dalam mengimbangi perkembangan zaman. Akan tetapi, alih - alih belajar untuk mengimbangi perkembangan zaman. Saat ini banyak pelajar yang malas - malasan belajar karena perkembangan teknologi yang mendorong pelajar menjadi malas berpikir.

girl-1741925_960_720.jpg
Gambar 1. Murid sekolah

Fakta ini tentunya menjadi keprihatinan tersendiri bagi bangsa ini. Sebagai bangsa yang besar kita tentunya ingin kemajuan yang besar pula untuk bangsa ini. Nah, para pelajar adalah satu - satunya harapan bangsa dalam kemajuan bangsa ini. Untuk itu utama seorang pelajar adalah belajar. Dalam belajar penting untuk memiliki semangat belajar. Semangat belajar akan menentukan prestasi seseorang. Singkatnya para pelajar harus menumbuhkan semangat ingin belajar demi meraih prestasi.

  1. Penampilan itu penting! Usahakan untuk selalu berpakaian bersih dan rapi
    Penampilan merupakan syarat penting dalam menghadapi panjangnya hari bersekolah, selama kita rapi dan bersih kita akan semakin bersemangat dalam melakukan berbagai hal dengan lebih produktif. Selain itu, penampilan akan memberi energi positif untuk lingkungan sekitarmu. Tidak perlu menarik, cukup dengan penampilan yang bersih, rapi, dan tidak bau akan lebih baik lagi kalau wangi sudah cukup untuk membangkitkan semangat belajar Anda dan orang - orang di sekitar Anda.

    class-845194_960_720.png
    Gambar 2. berpenampilan

  2. Mendengarkan musik dengan beat yang cepat serta bersifat menyemangati
    Disela sela waktu kegiatan pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk mendengarkan alunan musik dengan dentuman bass yang dapat membangkitkan semangat kita dalam menjalani berbagai kegiatan dan dapat meningkatkan hormon Adrenalin yang dapat memicu kita menjadi bersemangat.

  3. Budayakan senyum
    Kegiatan belajar adalah rutinitas yang berat, untuk itu selelah apapun Anda jangan lupakan untuk tersenyum tidak hanya bagi Anda tersenyum juga baik untuk mood orang - orang disekitar Anda. Senyum yang tulus dapat mengurangi tingkat stress dan juga senyum merupakan ibadah.

  4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh
    Selama kegiatan belajar berlangsung ketika kita sudah merasa lelah dan membuat kita menjadi ngantuk alangkah baiknya kita meminum air putih yang dapat mengembalikan fokus kita dalam kegiatan belajar. Memenuhi kebutuhan air putih dalam tubuh juga dapat meningkatkan fokus dan efektivitas dalam bekerja dan berpikir. Untuk itu minumlah setidaknya 1,5 liter air putih per harinya.

  5. Bekal makan siang
    Pilihan menu makan siang yang tepat membantu menambah stamina di tengah beratnya hari belajar, selain itu membawa bekal makan siang juga lebih higienis dan lebih menyehatkan dibanding dengan jajan jajanan yang mengandung banyak bahan pengawet.

  6. Motivasi dan niat
    Tanpa dua hal ini hal lainnya di atas akan sia - sia. Motivasi dan niat menjadi faktor penting dalam prestasi belajar. Segala sesuatu dimulai dengan niat begitupun belajar.
Dari keenam hal tersebut diharapkan membantu Anda dalam meningkatkan semangat belajar untuk meningkatkan prestasi belajar bagi pelajar.

Oleh : Lintang Rahmawati
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
  1. https://guruppkn.com/cara-meningkatkan-semangat-belajar/amp
  2. http://www.biosend.id/2015/09/17-cara-meningkatkan-semangat-belajar.html?m=1
Referensi gambar :
  1. Gambar 1. https://pixabay.com/en/girl-student-asian-glasses-friends-1741925/
  2. Gambar 2. https://pixabay.com/en/class-student-classroom-learn-845194/


Related Posts :