Jumat, 31 Agustus 2018

Tips Travelling Simple! Liburan Lama Dengan Satu Tas

Sudah terbit di: https://steemit.com/travelling/@lerengbukit/tips-travelling-simple-liburan-lama-dengan-satu-tas

Bagi Anda yang hobi travelling, barang bawaan yang cenderung ribet sering kali menjadi kendala Anda ketika packing atau berkemas. Karena saking banyaknya barang yang dibawa satu tas tentunya kurang, banyak dari traveller yang membawa bertas - tas barang bawaan, ribet kan? Tentu iya, sungguh merepotkan apabila bepergian jauh dengan 2 atau 3 tas berat.

hiking-1312226_960_720.jpg
Gambar 1. backpack

Nah, untuk Anda yang ingin liburan yang simple, penggunaan satu tas tentu akan membuat liburan lebih nyaman. Akan tetapi, barang bawaan yang Anda bawa tidak muat jika hanya dimuat dalam satu tas.


  1. Mengandalkan pakaian senada
    Kebingungan Anda dalam memilih pakaian mana yang dibawa bisa diselesaikan dengan mengandalkan pakaian-pakaian berwarna senada. Selain warna yang senada, pilih juga pakaian-pakaian yang bisa digunakan untuk acara resmi maupun kasual. Misalnya celana jeans warna hitam, dress selutut, yang bisa dipakai untuk jalan-jalan tapi juga pantas untuk dipakai makan malam di acara resmi, atau kemeja yang cocok buat dikenakan di keramaian namun juga enak dipakai tidur.

  2. Pertimbangkan untuk membeli baju antikusut
    Kalau Anda memiliki uang lebih Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli pakaian yang satu ini. Perkembangan teknologi dalam dunia tekstil telah melahirkan kain-kain yang tidak mudah kusut dan ringan. Salah satu contohnya adalah bahan ‘wrinkle-resistant synthetic blends’ yang tampak seperti bahan wool atau katun namun tidak mudah kusut. Ada juga bahan ultralight, yaitu bahan jaket atau rompi yang tahan air dan menahan panas tubuh namun sangat ringan. Selain untuk menambah koleksi pakaianmu, kamu dapat membeli baju-baju dengan bahan-bahan seperti ini untuk mempermudah bawaanmu saat bepergian.

  3. Bawa masing - masing 3 jenis pakaian
    Untuk meringankan barang bawaan, ada baiknya Anda mencuci pakaian Anda selama di tempat tujuan nanti alih-alih membawa baju sebanyak hari Anda akan pergi. Atau bisa juga menggunakan jasa binatu jika tempat kamu menginap menyediakannya (tapi harus siap dengan biaya ekstra). Kenapa tiga? Karena Anda dapat memakai satu stel pakaian ketika satu pakaianmu yang lain sedang dicuci dan satunya lagi tengah dijemur.

  4. Memakai pakaian berlapis - lapis di daerah dengan suhu dingin
    Kalau kamu tidak punya banyak dana untuk dapat membeli pakaian-pakaian dengan bahan teknologi terbaru seperti yang, Anda bisa mengakali suhu dingin dengan mengenakan pakaian-pakaian yang dapat dipakai berlapis-lapis. Misalnya tanktop dilapisi kaos t-shirt, kemudian sweat-shirt dan terakhir jacket. Atau kaos dalam dilapisi dress ringan yang kemudian ditambahkan cardigan, dan parka.

  5. Pilihlah satu jenis alas kaki andalan
    Alas kaki sering menjadi bagian dari pakaian yang paling berat. Selain itu sebagian besar bentuk alas kaki juga tidak fleksibel seperti kain pakaian sehingga akan memakan ruang yang lebih besar. Karena itu minimalisir jumlah alas kaki yang ingin kamu bawa. Pilih satu saja alas kaki yang kamu rasa akan cocok dipakai untuk segala kesempatan.

  6. Manfaatkan ruang ekstra pada sepatu
    Jika membawa sepatu di dalam tas, manfaatkan rongga sepatu untuk meletakkan barang-barang yang dapat dikepal. Isi rongga-rongga sepatu Anda dengan kaos kaki, sarung tangan, dasi atau pakaian dalam yang sudah digulung dengan rapi. Atau bisa juga digunakan untuk menjejalkan pernak-pernik aksesoris mengisi ruang kosong tersebut.

  7. Lipat dan gulung pakaian Anda
    Percaya atau tidak kamu akan mendapatkan lebih banyak ruang ekstra di dalam tasmu dengan cara menggulung pakaian-pakaianmu! Mungkin beberapa dari Anda tidak kepikiran untuk menggulung pakaian karena terbiasa dengan menumpuknya begitu saja. Melipat dan menggulung pakaian dapat membuat dimensi pakaianmu lebih kecil dan lebih mudah untuk ditata di dalam tas.

  8. Manfaatkan vacuum bag
    Belakangan teknologi vacuum bag sudah banyak dijual bebas. Idenya adalah dengan memasukkan pakaian yang sudah kamu gulung atau lipat bundle ke dalam kantong plastik khusus yang kemudian dihisap habis udaranya. Hasilnya adalah kantong berisi pakaian yang kempes, kadang gepeng, dan keras. Beratnya tetap sama, namun ruang yang terpakai dalam tasmu akan berkurang drastis.
Tips - tips di atas diharapkan membantu Anda mengurangi banyak barang bawaan ketika travelling.

Oleh : Lintang Rahmawati
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
  1. https://id.m.wikihow.com/Mengemas-Tas-atau-Koper-secara-Efisien&ei=bKfCbHcU&lc=id-ID&s=1&m=94&host=www.google.co.id&ts=1519274956&sig=AOyes_R1Nwz66wv9BjqwU3B5lgFgKeweLA
  2. https://www.tiket2.com/blog/barang-penting-vs-barang-tidak-penting-yang-terlupakan-saat-traveling/
  3. https://qlapa.com/blog/barang-bawaan-saat-travelling-atau-bepergian
Referensi gambar :
  1. Gambar 1. https://pixabay.com/en/hiking-map-orientation-hiking-shoes-1312226/


Related Posts :