Rabu, 01 Agustus 2018

X-Ray Pristella Tetra, Si Ikan Hias Transparan dari Amerika Selatan

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@lerengbukit/x-ray-pristella-tetra-si-ikan-hias-transparan-dari-amerika-selatan

Berbicara tentang jenis ikan hias yang banyak dipelihara orang-orang di berbagai negara termasuk Indonesia biasanya memiliki kulit dan sisik yang tebal. Kulit dan sisik tebal tersebut tentunya dihiasi dengan corak warna yang bervariasi sehingga tampak indah dan menarik untuk dijadikan ikan peliharaan dalam akuarium. Hanya saja, terdapat satu jenis ikan hias yang berasal dari keluarga ikan Tetra yang tubuhnya terlihat transparan atau tembus pandang. Keunikan yang dimilikinya tentunya hampir tidak terdapat pada ragam jenis ikan hias yang sudah umum kita kenal. Untuk itu pada tulisan ini coba menguliknya lebih jauh lagi agar semakin banyak yang mengenalinya. Adapun nama ikan tersebut adalah X-Ray Pristella Tetra.

X-Ray Pristella Tetra merupakan salah satu jenis ikan Tetra yang berasal dari perairan tawar di Amerika Selatan. Keberadaannya di Amerika Selatan tersebar di lembah perairan sungai Amazon, Orinoco, dan area pesisir sungai Guyana. Area perairan tawar yang menjadi habitatnya berada di tepian sungai yang banyak ditumbuhi pepohonan sehingga tidak terpapar cahaya matahari secara langsung. Selain itu, jenis makanan yang biasanya disantap ikan mungil ini berupa serangga kecil yang banyak terdapat di pinggir sungai.

File:Pristella tetra1.jpg
Gambar: Ikan X-Ray Pristella Tetra

Adapun ciri fisik ikan yang bernama latin Pristella Maxillaris ini memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang hanya sekitar tujuh sentimeter saja. Tubuhnya terlihat agak pipih di bagian tengah badan dengan bentuk memanjang. Mulut terletak tidak jauh dari matanya yang berukuran agak besar dan berbentuk bulat. Pada bagian atas punggungnya terdapat sirip yang berukuran agak panjang dan terlihat agak lebar. Dibagian bawah perut juga terlihat sirip yang berukuran sedang. Di area belakang sirip bawah dekat perutnya juga terdapat sirip yang berukuran agak panjang dan terbentang hingga mencapai area pangkal ekornya. Lalu ekornya berukuran sedang dengan bentuk mirip senjata bumerang.

Ciri lainnya yang perlu diketahui dari ikan X-Ray Pristella Tetra ini adalah corak warna yang menyelimuti tubuhnya cukup bervariasi. Pada bagian kepala sampai pangkal ekornya ditutupi dengan warna putih perak bercampur biru dan kuning keemasan yang transparan atau tembus pandang. Area sirip atasnya terdiri dari tiga jenis warna mulai kuning keemasan dibagian bawah, warna hitam terlihat di bagian tengah, dan putih di bagian atasnya. Lalu dua sirip di bagian bawahnya pun memiliki corak warna serupa seperti sirip atasnya. Hanya saja, corak warna dua sirip bawah tersebut tampak lebih transparan. Lalu ekornya terlihat ditutupi oleh warna merah tua yang agak tembus pandang.

Disamping itu, sebelum memelihara ikan X-Ray Pristella Tetra ada baiknya menyiapkan akuarium yang berukuran sedang beserta dengan peralatan standarnya. Air yang ditaruh dalam akuarium tentunya harus tampak jernih dengan kadar pH sekitar 5,8 sampai 8,5 dan suhunya sekitar 20 sampai 26 derajat celcius. Akuarium tersebut perlu juga dilengkapi dengan tanaman hidup, kayu apung, dan batu-batu kecil. Tujuan ditaruhnya pernak-pernik tersebut agar ikan bisa leluasa berenang dan menyesuaikan dengan kondisi alami habitat aslinya di sungai Amazon. Selain itu juga, dalam memelihara ikan X-Ray Pristella Tetra ada baiknya secara berkelompok dengan jumlah minimal sekitar enam ekor. Dan juga, karakter atau sifatnya diketahui cukup ramah terhadap jenis ikan hias lainnya yang ukuran dan sifatnya tidak jauh berbeda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
  • http://akuariumhias.blogspot.co.id/2015/11/ikan-hias-x-ray-pristella-tetra.html
  • http://www.perpustakaanindonesia.com/2014/11/fakta-ikan-x-ray-ikan-transparan-dari.html
Sumber Gambar:
  • https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Pristella_tetra1.jpg


Related Posts :