Minggu, 16 September 2018

Jangan Takut Gemuk! Waktu Makan Camilan Yang Aman

Sudah terbit di: https://steemit.com/camilan/@lerengbukit/jangan-takut-gemuk-waktu-makan-camilan-yang-aman

Makan camilan atau biasa disebut ngemil adalah kegiatan yang biasa dilakukan orang - orang ketika sedang bosan atau sebagai kegiatan sambilan ketika sedang menonton televisi, film, drama korea, dan kegiatan santai lainnya.

food-platter-2175326_960_720.jpg
Gambar 1. Camilan sehat

Namun, hal yang paling dikhawatirkan oleh orang - orang akibat ngemil adalah kenaikan berat badan yang tidak terkendali. Hampir semua orang menginginkan berat badan yang stabil dan ideal, terutama kaum hawa. Ngemil adalah salah satu kegiatan yang dianggap ‘haram’ bagi mereka yang ingin berat badan yang stabil. Ngemil memang menyenangkan tapi dampaknya tidak baik bagi berat badan.

Untuk kamu yang ingin berat badan stabil dan terkendali ternyata ada waktu - waktu ngemil yang aman, sehingga kamu tidak perlu takut berat badan kamu naik secara tidak terkehendaki, simak! Inilah waktu - waktu ngemil yang tepat.

Jam 10:00 - 10:30

Waktu ini juga sering disebut sebagai brunch, atau breakfast-lunch. Ngemil di jam-jam ini akan membantu menjaga gula darah dan energi tetap stabil. Jadi, jika kamu melewatkan makan siang, kandungan gizi pada tubuh akan tetap terjaga. Para ahli gizi menyarankan bahwa pada waktu brunch ini sebaiknya kita nggak ngemil lebih dari 200 kalori. Camilan yang sebaiknya dikonsumsi adalah kacang-kacangan yang kaya akan serat, protein dan lemak sehat.

Selain kacang-kacangan, kamu bisa mengkonsumsi roti gandum dengan irisan alpukat dan selai kacang. Roti gandum memiliki kandungan serat yang tinggi dan memadukannya dengan makanan mengandung protein dan lemak, nutrisi akan terpenuhi. Selain itu, perut akan terasa kenyang untuk waktu yang lama.

Jam 16:00 - 16:30

fruit-2305192_960_720.jpg
Gambar 2. Salad buah

Di antara jam makan siang dan jam makan malam, pastinya ada jam di mana kamu merasa lapar dan ingin ngemil. Menikmati camilan sebelum makan malam bukan hal yang terlarang, Girls! Terutama jika kamu ingin mengurangi porsi makan malam. Pada jam ini, gula darah akan turun, sehingga tubuh memerlukan energi tambahan.

Untuk camilan sore, sebaiknya kamu mengonsumsi apel atau pisang dengan selai kacang sebagai protein ekstra. Jika kamu ingin mengonsumsi yang lain, makanlah kurma dan keju, atau popcorn dengan sedikit lelehan mentega tawar.

Siapa bilang ngemil itu kegiatan terlarang, terutama untuk kamu yang sedang menjalankan diet? Asal kamu menjalankannya di waktu yang tepat, dan mengonsumsi makanan sehat, kamu bisa ngemil sambil menurunkan berat badan. Ingat! Gunakan waktu ngemil Anda hanya untuk makanan – makanan sehat. Karena, jika Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan melebihi batas asupan kalori harian sama artinya Anda menimbun lemak pada tubuh.

Oleh : Lintang Rahmawati
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
  1. https://www.hipwee.com/tips/7-resep-camilan-mengenyangkan-yang-akan-menjadikan-sesi-belajarmu-lebih-menyenangkan/
  2. https://wolipop.detik.com/read/2016/09/26/151736/3306955/849/waktu-ngemil-dan-camilan-yang-disarankan-para-pakar-diet
  3. https://www.merdeka.com/sehat/hindari-6-kesalahan-ini-saat-ngemil.html
Referensi gambar :
  • Gambar 1. https://pixabay.com/en/food-platter-cheese-salami-2175326/
  • Gambar 2. https://pixabay.com/en/fruit-fruits-fruit-salad-frisch-2305192/


Related Posts :