Senin, 24 September 2018

Rasbora Harlequin, Si Ikan Hias Endemik dari Asia Tenggara

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@lerengbukit/rasbora-harlequin-si-ikan-hias-endemik-dari-asia-tenggara

Berbicara tentang jenis ikan hias yang banyak digandrungi orang-orang di berbagai negara tanpa terkecuali Indonesia umumnya memiliki habitat asli dari Benua Afrika dan Amerika. Hal ini dirasa wajar sebab jenis ikan hias dari Afrika dan Amerika memiliki bentuk tubuh yang unik dan corak warna yang bervariasi. Hanya saja, jenis ikan hias yang berhabitat di wilayah negara-negara Asia Tenggara juga taklah unik dan cantik dengan jumlah penggemar yang tergolong cukup banyak. Untuk itu pada tulisan ini coba mengenalkan salah satu jenis ikan hias yang berhabitat hanya di kawasan Asia Tenggara saja. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Rasbora Harlequin.

Ikan Rasbora Harlequin merupakan salah satu dari 25 jenis ikan hias Rasbora yang berasal dari keluarga Cyprinidae dan cukup banyak digemari orang-orang. Keberadaannya di kawasan Asia Tenggara tersebar di berbagai negara mulai dari Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Habitatnya di perairan tawar biasanya menempati area sungai yang mengalir di area hutan rawa gambut yang cukup lebat. Karakter atau sifatnya pun dikenal cukup aktif berenang dalam bentuk kelompok sekitar lima sampai sepuluh ekor.

File:Trigonostigma heteromorpha2.jpg
Gambar: Jenis Ikan Rasbora Harlequin

Ciri fisik ikan yang bernama latin Trigonostigma heteromorpha ini memiliki ukuran tubuh yang lumayan kecil dengan panjang maksimal hanya sekitar lima sentimeter saja. Tubuhnya berbentuk pipih di bagian badan dengan agak melengkung di area belakang badannya yang terlihat ramping. Kepalanya berukuran agak besar yang berbentuk segitiga dengan mata besar yang berwarna hitam kemerahan dan memiliki mulut yang agak lebar. Pada bagian atas punggungnya terdapat sirip yang dapat ditegakkan dengan ukuran sedang dan tidak terlalu lebar. Di bagian bawah perutnya juga terdapat sepasang sirip yang berukuran sedang dan terlihat tidak lebar. Di area belakang sepasang sirip tersebut juga ditumbuhi sirip yang tampak agak lebar. Lalu ekornya berukuran sedang dengan bentuk mirip senjata bumerang dari suku Aborigin.

Sedangkan corak warna yang tampak pada ikan Rasbora Harlequin terdiri dari warna orange tembaga, merah, dan hitam. Warna orange tembaga tersebut menutupi sebagian besar area tubuhnya mulai dari mulut, kepala, dan pertengahan badannya. Warna merah terlihat di bagian sirip atas, sisi tengah tubuh, dan sampai dengan area ekornya. Lalu warna hitam hanya tampak di bagian tengah sampai pangkal ekornya dengan bentuk mirip segitiga yang agak lebar dan besar. Selain itu, pada bagian sirip bawahnya terlihat berwarna putih transparan atau tembus pandang.

Disamping itu, jenis ikan Rasbora Harlequin tergolong cukup mudah dalam pemeliharaannya dengan menempatkannya pada akuarium yang berukuran sedang. Air yang digunakan tentunya harus yang bersih dengan kadar suhu berkisar di antara 22 sampai 27 derajat Celcius. Akuarium juga perlu dilengkapi dengan tanaman hidup maupun buatan beserta kayu apung dan batu-batu kerikil kecil. Jenis makanan yang diberikan pun cukup beragam mulai dari pellet, cacing sutra beku, dan udang beku.

Perlu diingat juga bahwa sebaiknya ikan Rasbora Harlequin yang dipelihara berjumlah agak banyak yang berkisar lima sampai sepuluh ekor. Ikan mungil ini pun juga mampu berbaur atau hidup bersama dengan jenis ikan hias lainnya yang ukuran dan karakternya yang tidak jauh berbeda. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ikan Rasbora Harlequin maka tak ada salahnya untuk memeliharanya agar mampu memperindah tampilan akuarium dan interior rumah Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
  1. http://www.majalahikan.com/2016/10/profil-ikan-hias-rasbora-harlequin-dan.html
  2. http://www.greenfishindonesia.com/2013/12/rasbora-harlequin.html
Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Trigonostigma_heteromorpha2.jpg


Related Posts :