Selasa, 02 Oktober 2018

Glowlight Tetra, Si Ikan Hias Mungil dari Amerika Selatan

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@lerengbukit/glowlight-tetra-si-ikan-hias-mungil-dari-amerika-selatan

Bila ditanyakan tentang ikan Glowlight Tetra mungkin sebagian besar dari para pembaca sekalian ada yang sudah mengenal ataupun sedang memeliharanya. Hal ini dirasa wajar sebab jenis ikan Glowlight Tetra tergolong salah satu jenis ikan Tetra yang cukup banyak digandrungi orang-orang untuk dijadikan ikan peliharaan dalam akuarium. Akan tetapi, pada tulisan ini coba menguliknya lebih jauh lagi terkait ciri fisik, habitat, karakter, dan jenis makanannya. Untuk itu tak ada salahnya agar membaca artikel ini sampai tuntas supaya dapat memperoleh informasi yang banyak terkait ikan Glowlight Tetra.

Ikan Glowlight Tetra merupakan salah satu jenis ikan hias Tetra yang berhabitat asli di kawasan Amerika Selatan. Disana ikan mungil ini mendiami aliran sungai Essequibo yang terdapat di negara Guyana. Di habitatnya biasanya ikan Glowlight Tetra hidup secara berkelompok dengan berada tidak jauh dari tanaman air untuk dijadikan tempat bersembunyi dan mencari makanan. Begitu juga dengan karakternya yang tergolong jenis ikan hias non-agresif atau mampu hidup bersama jenis ikan yang karakternya serupa.

File:Tetra Glowlight cropped.jpg
Gambar: Jenis Ikan Glowlight Tetra

Ciri fisik ikan Glowlight Tetra mempunyai ukuran tubuh yang kecil dengan panjang hanya sekitar lima sentimeter saja. Corak warna yang menutupi tubuhnya terdiri dari beberapa jenis warna seperti merah dan putih perak transparan. Warna merah terlihat jelas menutupi bagian pangkal mulut sampai pangkal ekornya dengan bentuk garis lurus yang agak tebal. Warna merah itu pun juga tampak di bagian sirip atas dan menutupi sebagian dari iris atas matanya. Lalu warna putih perak transparan tentunya terdapat diseluruh tubuhnya mulai dari kepala, badan, sirip, dan ekornya. Dengan warna transparan tersebut akan terlihat semakin cantik saat terkena cahaya yang mencolok dari lampu akuarium.

Disamping itu juga, ikan yang bernama latin Hemigrammus Erythrozonus memiliki tubuh yang bentuknya memanjang dengan bagian perut yang terlihat agak besar. Matanya juga berukuran besar dan bulat yang letaknya sangat dengan mulutnya. Dibagian atas punggungnya terdapat sirip tegak yang berukuran agak panjang dan tidak lebar. Dibagian dekat perutnya terdapat sepasang sirip yang berukuran sedang. Di area belakang sepasang sirip tersebut juga terdapat sirip yang panjang dan terbentang hingga hampir mendekati pangkal ekornya. Lalu ekornya berukuran sedang dengan bentuk mirip senjata tradisional bumerang.

Memelihara ikan Glowlight Tetra sebenarnya tidak terlalu sulit dengan menaruhnya dalam akuarium yang berukuran kecil sampai sedang. Air yang ditaruh dalam akuarium sebaiknya memiliki kadar pH sekitar 6 sampai 7 dengan suhu berkisar 22 sampai 28 derajat Celcius. Sebagai ikan yang tidak agresif dan perenang aktif maka ada baiknya akuarium juga dihiasi dengan tanaman air dan batu-batu kecil. Jumlah ikan Glowlight Tetra yang dipelihara pun sebaiknya agak banyak yang berkisar 8 sampai 10 ekor. Selain itu, ikan mungil ini juga digabung dengan jenis ikan lainnya yang memiliki ukuran dan karakter yang tidak jauh berbeda.

Nah, begitu lah penjelasan seputar ikan Glowlight Tetra yang tergolong jenis ikan Tetra populer yang sudah umum dipelihara orang-orang. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan Glowlight Tetra maka tak ada salahnya agar memeliharanya dalam akuarium guna turut memperindah tampilan interior rumah. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
  1. http://www.majalahikan.com/2016/09/ikan-hias-glowlight-tetra-profil-dan.html
  2. http://jurnalaquascape.com/portfolio/glowlight-tetra/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Tetra_Glowlight_cropped.jpg


Related Posts :