Rabu, 17 Oktober 2018

Mengenal Lebih Dekat Ikan Daun Dari Sungai Amazon

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@lerengbukit/mengenal-lebih-dekat-ikan-daun-dari-sungai-amazon

Sungai Amazon tidak hanya dikenal sebagai sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil tapi juga menjadi surga bagi beragam jenis ikan yang unik. Banyak jenis ikan yang berhabitat di sungai Amazon telah dijadikan sebagai ikan hias yang dipelihara dalam akuarium dan kolam di pekarangan rumah. Hal ini dikarenakan jenis ikan hias tersebut mempunyai bentuk tubuh dan corak warna yang unik dan jarang terdapat di sungai-sungai lainnya. Untuk itu pada tulisan ini coba mengenalkan salah satu jenis ikan hias dari perairan sungai Amazon yang bentuk tubuhnya sangatlah unik atau berbeda dari jenis ikan hias pada umumnya. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Daun.

Ikan Daun atau Leaf Fish merupakan salah satu jenis ikan hias dari keluarga Polycentridae yang hanya mendiami perairan sungai Amazon. Di habitatnya biasanya ikan Daun ini akan berada di perairan dangkal yang agak keruh dan banyak ditumbuhi tanaman air atau pepohonan. Selain itu, ia pun dikenal sebagai ikan predator yang memangsa ikan, serangga, dan hewan lainnya yang berukuran kecil. Dan juga, ikan Daun diketahui cukup pandai dalam mengganti warna tubuhnya yang disesuaikan dengan warna akar atau batang tanaman air agar terhindar dari ikan predator lainnya.

File:Leaf fish - California Academy of Sciences.jpg
Gambar: Jenis Ikan Daun atau Leaf Fish

Ukuran tubuh ikan yang bernama latin Monocirrhus Polyacanthus ini tergolong kecil dengan panjang hanya sekitar delapan sentimeter saja. Tubuhnya berbentuk pipih yang mirip daun dengan bentuk kepala agak lancip. Matanya berukuran agak besar dengan pupil yang berwarna hitam. Begitu juga dengan mulutnya yang berukuran agak lebar yang agak runcing. Di Bagian atas punggungnya terdapat sirip berduri tegak yang berukuran sedang dan terbentang hingga mencapai pangkal ekornya. Di bawah perutnya juga terdapat sepasang sirip yang berukuran kecil. Di area sepanjang perut hingga ke pangkal ekor juga terdapat sirip berduri yang berukuran sedang. Lalu ekornya berukuran sedang dan terlihat agak lebar.

Adapun corak warna yang tampak pada tubuh ikan Daun menyerupai warna daun yang sudah mulai membusuk seperti putih kusam, cokelat tua, dan hitam. Warna putih kusam menutupi hampir seluruh area tubuhnya mulai dari kepala, badan, sirip, dan ekornya. Warna cokelat tua menutupi sekujur badannya berupa bintik-bintik dan garis yang tidak beraturan. Lalu warna hitam terlihat hanya di bagian wajah berupa garis panjang yang agak miring. Selain itu juga, bagian badannya tampak bersisik dengan pola persegi lima yang berukuran kecil dan mirip dengan bentuk sarang lebah.

Perlu diketahui juga bahwa ikan Daun atau Leaf Fish tergolong salah satu jenis ikan hias yang cukup sulit dalam perawatannya atau hanya dianjurkan untuk dipelihara bagi profesional dalam dunia ikan hias. Hal ini dikarenakan ikan Daun cukup sensitif atas perubahan suhu dan kondisi air dalam akuarium yang bisa membuatnya stres. Usahakan suhunya berkisar di antara 20 sampai 25 derajat Celcius dengan kadar keasaman sekitar enam. Selain itu, akuarium juga perlu dihiasi dengan tanaman air hidup, kayu apung, dan bebatuan kecil agar membuatnya merasa di alam liar. Dan juga menjadi keunikan pada ikan Daun saat menangkap mangsanya tidak dikunyah tapi disedot dengan membuka lebar area mulutnya.

Nah, demikianlah penjelasan tentang ikan Daun atau Leaf Fish yang tergolong jenis ikan hias predator dari sungai Amazon. Hanya saja, tidak banyak yang menjual dan memeliharanya dalam akuarium mengingat ikan Daun belum tergolong jenis ikan hias populer yang sering dipelihara orang-orang. Walaupun demikian, bagi Anda yang tertarik dengan ikan asal sungai Amazon ini mungkin tak ada salahnya untuk mencarinya di pasar ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://www.majalahikan.com/2016/07/ikan-daun-air-tawar.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Leaf_fish_-_California_Academy_of_Sciences.jpg


Related Posts :