Jumat, 16 November 2018

Pentingnya Pengelolaan Dana Setelah Menikah! Penghematan Yang Utama

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@lerengbukit/pentingnya-pengelolaan-dana-setelah-menikah-penghematan-yang-utama

Pada masa awal pernikahan biasanya kondisi keuangan masih tidak stabil. Karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Banyak keluarga baru yang cenderung tidak terkontrol dalam pengelolaan uang dan tidak terlalu memikirkan masa depan.

paper-3190198_960_720.jpg
gambar 1. keuangan

Padahal tabungan sangat diperlukan untuk kehidupan masa depan. Di tengah padatnya kebutuhan harian seperti uang makan, uang saku, dll. Nah, agar keuangan rumah tangga lebih stabil di masa depan Anda sekeluarga perlu bekerja sama demi menciptakan keuangan yang stabil dan harus dimulai sedini mungkin.

  1. Lebih baik makan masakan rumah

    woman-1979272_960_720.jpg
    Gambar 2. Memasak bersama

    Coba hitung pengeluaran yang Anda perlukan jika Anda makan masakan luar, memasak makanan sendiri di rumah jauh lebih hemat. Bahkan kamu bisa belanja sayur mayur seharga sekian rupiah beserta bumbu dapurnya di warung dekat rumah untuk stok 1 minggu ke depan. Selain lebih hemat, memasak sendiri adalah ajang kreativitas untuk para ibu rumah tangga.

  2. Berikan anggaran tertentu pada setiap pengeluaran
    Kebutuhan setelah menikah memang tidak sedikit. Tapi, bukan berarti sudah tidak bisa bersenang-senang dengan uang hasil kerjamu selama ini. Anda cuma disuruh untuk lebih sabar, menabung lebih dulu untuk manfaat yang lebih besar nantinya. Nah, gaji yang setiap bulan kamu dapat, langsung dibagi per pos agar jelas alur pengeluarannya kemana. Misalnya ada yang untuk bayar cicilan KPR, asuransi pendidikan, cicilan mobil dan juga tabungan untuk liburan akhir tahun nanti. Yakin deh, dengan diatur seperti ini, kamu akan lebih tenang karena uangmu enggak tahu-tahu habis sendiri entah untuk apa. Dengan begitu Anda juga bisa tahu berapa persen dari penghasilan Anda yang akan Anda tabung.

  3. Tentukan skala prioritas
    Waktu masih single, uang yang kamu punya biasanya akan habis begitu saja. Ada yang mengajak liburan ke luar kota, diiyakan tanpa banyak berpikir. Ada yang ngajak makan di luar, kenapa tidak? Berbeda saat sudah menikah, kamu sudah sepatutnya untuk membuat skala prioritas. Apalagi jika pendapatanmu tiap bulan belum begitu besar. Apakah membeli mobil atau rumah terlebih dahulu, apakah membuka tabungan haji atau asuransi pendidikan lebih dulu? Semua terserah pada kebijakan masing-masing keluarga.

  4. Rezeki sudah ada yang mengatur
    Walaupun kelihatannya tidak mungkin, tapi kamu harus percaya bahwa rezeki setiap orang itu sudah dijamin. Jadi Anda tidak perlu iri dengan keluarga yang kiranya lebih berkecukupan dalam hal keuangan. Untuk bisa menghadapi banyaknya pengeluaran yang harus dibayarkan setiap bulannya, beberapa tips di atas bisa kamu ikuti.
Masalah keuangan adalah masalah sensitif bagi hampir setiap keluarga. Banyak keluarga yang cekcok hanya karena masalah uang. Untuk itu semua anggota keluarga perlu bekerja sama demi menciptakan keadaan keuangan yang stabil.

Oleh : Run Away
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
  1. https://www.cermati.com/artikel/7-cara-mudah-mengatur-keuangan-keluarga
  2. https://www.finansialku.com/cara-mengelola-keuangan-keluarga-yang-baik/
Referensi Gambar :
  • Gambar 1. https://pixabay.com/en/paper-business-aerial-view-benefit-3190198/
  • Gambar 2. https://pixabay.com/en/woman-kitchen-man-everyday-life-1979272/


Related Posts :