Kamis, 25 April 2019

Pekerjaan Penting yang Luput dari Perhatian

Sudah terbit di: https://steemit.com/umum/@lerengbukit/pekerjaan-penting-yang-luput-dari-perhatian

Setiap insan butuh pekerjaan yang layak untuk menopang keperluan hidup dan keluarganya. Beberapa pekerjaan yang ada dipublik punya kriteria dan keterampilan khusus walaupun ada pekerjaan yang tidak memerlukannya. Stigma bahwa pekerjaan sesungguhnya adalah di ruangan kantor atau pegawai negeri telah berakar kuat dipikiran banyak orang sampai sekarang. Padahal dengan dengan perkembangan teknologi saat ini membutuhkan berbagai pekerjaan baru yang dahulu tidak ada bahkan terkadang luput dari perhatian massa pada masa kini. Beberapa pekerjaan tersebut adalah:

1. Game Tester

Profesi ini tidak banyak diketahui oleh massa padahal permintaannya cukup tiggi. Game developer (gamedev) yang membuat untuk mengembangkan game memerlukan masukan dari para game tester untuk menemukan bug ataupun kekurangan yang memungkinkan untuk diperbaiki sebelum dipasarkan. Sebenarnya pihak gamedev memiliki anggota khusus sebagai game tester dalam timnya namun masukan dari pihak luar juga dibutuhkan agar sesuai dengan minat dan pasaran para gamer secara umum. Pada kenyataannya dibutuhkan beberapa kali pengujian untuk mencari bug dan masalah lainnya dalam game tersebut, sehingga permintaan game tester meningkat drastis. Terlebih game saat ini tidak hanya ada di pc dan konsol saja namun telah merambat ke mobile phone dan android. Menjadi game tester membutuhkan beberapa hal yaitu gemar bermain game, tidak bosan memainkan game yang sama berulang-ulang untuk menemukan kejanggalan ataupun bug yang ada tentu hal ini harus dibekali dengan mata yang jeli, mengenal berbagai jenis bug bahkan yang terkecil sekalipun, dan mengetahui bahasa pemrograman akan menjadi nilai plus tersendiri.

C:\Users\Pohan\Downloads\business-people-word.jpg
Gambar 1. Pekerja di Dunia.

2. Gamer Professional

Profesi satu ini masih memiliki pro dan kontra khususnya di mata orangtua yang menginginkan anaknya bekerja di sektor formal. Padahal perkembangan teknologi menyebabkan dunia game ikut berkembang. Salah satu cara marketing dari beberapa pihak adalah dengan membuat turnamen atau pertandingan game. Hal ini justru meningkatkan pamor suatu game dan berdampak positif pada kelangsungan turnamen tersebut. Sehingga turnamen tersebut jadi rutin digelar. Beberapa contoh turnamen game tersebut adalah DOTA2, Counter Strike, Tekken, dll. Menjadi gamer profesional tentu impian para gamer dengan skill lebih dalam game tersebut karena bekerja dari hobi yang sangat disukai. Jika dulu kebanyakan gamer bermain solo di turnamen, maka saat ini banyak pihak ataupun tim profesional yang mungkin tertarik merekrut gamer tersebut. Sehingga selain namanya semakin dikenal, kesempatan untuk ikut kompetisi tingkat nasional ataupun internasional akan lebih mudah. Apalagi hadiah turnamen yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, sehingga pemasukan sebagai gamer profesional dapat melebihi pendapatan karyawan biasa.

3. Content Maker

Pekerjaan ini secara sederhana disebut dengan penulis lepas. Banyak penulis lepas baik itu online ataupun tidak memilih pekerjaan ini karena waktu yang fleksibel. Perusahaan ataupun pemilik blog membutuhkan konten-konten tertentu yang berguna untuk mengisi web perusahaan ataupun blog mereka. Terlebih perkembangan internet menyebabkan pekerjaan ini memiliki banyak permintaan. Tentunya untuk menjadi content maker dibutuhkan kemampuan menulis yang baik, selain itu untuk blogger memiliki kemampuan lebih dalam SEO tentu menjadi nilai lebih tersendiri.

4. Online Shop

Pekerjaan ini muncul dengan adanya teknologi yang terus berkembang saat ini sehingga memudahkan semua pihak untuk berbelanja secara online tanpa harus ke toko. Semua orang juga dapat membuka lapak dengan menggunakan aplikasi atau website seperti kaskus, bukalapak, lazada, instagram, line dan lainnya dengan gratis. Tentu ada layanan berbayar dari masing-masing pihak dengan banyak keuntungan tentunya bagi yang ingin berjualan secara online. Bahkan beberapa penjual memiliki penjualan yang besar setiap harinya tanpa harus memiliki toko. Karena besarnya pendapatan dari jual beli online pemerintah Indonesia ingin mengeluarkan kebijakan pajak. Tentunya hal ini masih perlu dikaji lebih dalam oleh pemerintah. Pekerjaan ini masih banyak tidak diperhatikan orang banyak karena lebih memilih menjadi pembeli daripada penjual, padahl peluang bisnis online sangatlah menggiurkan.

Perkembangan zaman tentu menuntut kita untuk memiliki berbagai macam keterampilan dan keahlian tertentu. Namun, yang paling penting adalah bagaimana kita menangkap peluang yang ada agar kita dapat memperoleh pekerjaan dan pemasukan yang lebih baik, terlebih dari perkembangan teknologi yang akan semakin pesat kedepannya.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber tulisan:
1. http://sekampus.id/7-peluang-pekerjaan-masa-kini/
2. https://xwork.co/blog/8-pekerjaan-milenial-masa-kini-dengan-pendapatan-tinggi/

Sumber Gambar:
1. https://www.publicdomainpictures.net/en/view-image.php?image=74743&picture=business-people-word


Related Posts :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar