Selasa, 07 Mei 2019

Prestiuskah Profesi Gamer?

Sudah terbit di: https://steemit.com/umum/@lerengbukit/2xjnu4-prestiuskah-profesi-gamer

Gamer saat ini menjadi salah satu profesi yang naik daun. Karena selain melakukan yang disukai juga memperoleh penghasilan yang lumayan besar. Gamer di dunia semakin dikenal setelah banyak dilakukan berbagai event game baik skala nasional atau internasional. Penyelenggara event tidak hanya dari pihak developer game tapi juga dari pihak pembuat konsol game dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang terkait. Jika sekilas diperhatikan, profesi sebagai gamer tidaklah memberikan penghasilan yang pasti. Secara umum penghasilan dari game adalah hadiah uang dari event tersebut atau fee dari suatu tim, yang dikelola oleh pihak tertentu. Selain itu untuk masuk ke dalam tim-tim gamer yang terkenal tidaklah mudah, karena membutuhkan skill yang diatas rata-rata dan terkenal.

Beberapa dekade lalu gamer hanyalah sebuah hobi dan bukanlah pekerjaan/ profesi yang diperhitungkan saat ini. Namun, ada beberapa pekerjaan tertentu yang berhubungan erat dengan game seperti game tester untuk mencari bug pada suatu game sebelum rilis, penulis tentang game di majalah game, game developer, pembuat konsol game (playstation, xbox, Nintendo, dll). Sedangkan event game yang ada masih kecil-kecilan, dengan hadiah utama yang tidak sebesar saat ini. Mungkin dikarenakan perkembangan teknologi informasi maka info tentang berbagai event game dapat lebih mudah diketahui. Mengetahui tingginya minat gamer di dunia pada saat ini, beberapa pihak berani mengadakan event dengan hadiah yang cukup besar untuk para pemenangnya. Sekedar info, total hadiah event The International (TI) DOTA 2 mencapai $20 juta pada tahun 2016, dengan hadiah pertama sebesar $11juta. Jumlah hadiah ini biasanya semakin meningkat dari tahun ke tahun karena banyaknya sponsor yang ikut serta.

C:\Users\Pohan\Downloads\TI4_(2).jpg
Gambar 1.Pemenang The International (TI) DOTA 2 tahun ke-empat.

Sedangkan pada tahun 2000-an game Counter Strike menjadi salah satu event game terbesar pada masanya dan saat ini masih aktif melakukan event. Total hadiah yang tersedia mencapai $300.000. Beberapa penyelenggara juga memiliki keunikan tersendiri seperti Evolution Championship Series (EVO) yang fokus pada game bergenre fighting. Beberapa game fighting yang dijadikan event adalah Soul Calibur, Tekken, Blazblue, Street Fighter, Marvel vs CAPCOM, dll. Total hadiah yang diberikan pun beragam namun hadiah yang diberikan melebihi $10.000.

Ada beberapa gamer profesional yang memperoleh kesuksesan dari game diantaranya adalah Danylo Ishutin a.k.a Dendi dan Amer Al-Barkawi a.k.a Miracle adalah beberapa gamer pro yang aktif di DOTA2. Sedangkan pada game Counter Strike adalah Olof, Niccolai, Ladislav, Vincent, Janusz, dll. Sedangkan dari Indonesia ada Nixia yang saat ini masih aktif sebagai gamer pro dan juga menjadi brand ambassador produk laptop gaming msi, Richard Permana, Samuel Santosa, Yudi Kurniawan, dll. Masing-masing dari mereka memiliki penghasilan lebih dari $1000 sebagai gamer.

Menjadi seorang gamer tentu sangat menggiurkan karena memiliki peluang besar menghasilkan pendapatan yang besar. Tentu hal ini harus dibarengi dengan skill yang memadai, namun jika skill yang dimiliki kurang kita dapat menjadi gamer di Youtube dan tetap memiliki pendapatan yang besar seperti Pewdiepie, MiawAug, Reza Arab, dll. Namun, profesi sebagai gamer tidaklah memiliki jenjang karir, karir yang ada juga bergantung pada individu masing-masing apakah mau tetap menjadi gamer saja atau beralih ke profesi lain suatu saat nanti. Selain itu menjadi gamer harus kuat akan pandangan negatif orang lain yang tidak mengerti atau beranggapan bahwa menjadi seorang gamer tidaklah menjanjikan. Walaupun demikian, gamer merupakan salah satu profesi yang prestisius saat ini karena seorang gamer dapat memperoleh ketenaran dan kekayaan dengan melakukan hal yang disenangi.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar
1. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:TI4_(2).jpg

Sumber:
  1. https://liquipedia.net/counterstrike/CS:GO_Asia_Championships/2018
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Evolution_Championship_Series
  3. https://liquipedia.net/dota2/Dendi
  4. https://liquipedia.net/dota2/Miracle-
  5. https://www.pcgamer.com/the-best-csgo-players-in-the-world/
  6. http://www.kotakgame.com/minifeature/detail/0/1639/Inilah-10-Pro-Gamers-Indonesia-yang-Memiliki-Penghasilan-Tinggi/0/8/


Related Posts :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar